Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Mengenal XAMPP - Tools Untuk Membuat Website Secara Lokal/Offline

Jika anda ingin memulai belajar membuat website terutama web dinamis, hal pertama yang harus anda lakukan adalah berkenalan dengan sebuah software bernama XAMPP atau yang sejenisnya.

XAMPP adalah sebuah software gratis yang mendukung berbagai sistem operasi dan merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.

-Wikipedia Bahasa Indonesia
Jika saya definisikan sendiri, Xampp adalah software yang berfungsi sebagai server dari program yang kita buat baik itu program berbasis desktop maupun berbasis web. Database yang sepaket dengan xampp adalah database MySql.

CARA MENGINSTALL & MENGGUNAKAN XAMPP 

Untuk menginstall xampp, tentu saja langkah pertama adalah mendownload softwarenya dulu disini. Download-lah versi terbarunya karena lebih canggih, praktis dan sudah support bahasa indonesia. Setelah selesai, run file .exe-nya dan install hanya dengan klik next, next, centang persetujuan(agreement), buat folder xampp-nya dan finish. Saya yakin, anda pasti bisa melakukannya karena ini sangatlah mudah.

Dalam langkah penginstallan, anda akan diminta untuk meletakkan folder xampp yang nantinya menjadi server lokal anda. Setelah penginstallan selesai, Jalankan xampp (control panelnya) sehingga tampil jendela seperti pada gambar dibawah.

Xampp Control panel


klik start pada baris "Apache" dan "MySql" untuk mengaktifkan bahasa pemrograman php dan database mysql. Untuk filezilla, mercury, dan tomcat anda boleh mengaktifkan maupun mematikannya. Nah, server lokal pada komputer anda sudah dapat dijalankan.

Caranya, buka browser anda dan ketikkan pada address bar : "localhost". Untuk mengakses dan mengelola database mysql maka pergi ke halaman "localhost/phpmyadmin". Di sana anda bisa membuat, mengedit dan menghapus database untuk program anda.

CARA MEMBUAT SEBUAH PROJECT WEB DI XAMPP

Membuat sebuah project web menggunakan xampp, caranya tidak rumit. Anda hanya harus membuka folder xampp yang ada di komputer anda(Letaknya sesuai di partisi mana anda meletakannya saat pengistallan diatas). Setelah itu, carilah folder "htdocs". Folder inilah yang akan menjadi tempat untuk meletakkan semua project web anda. Buatlah folder project web anda di dalam folder htdocs ini. Sebagai percobaan pertama, buatlah sebuah file berformat .php(misalnya "nama.php") menggunakan sebuah source code editor. Buka nama.php menggunakan source code editor itu dan ketikan didalamnya :

<?php
echo "Ini website pertama saya";
?>

Untuk melihat hasilnya di browser, lihatlah di halaman dengan alamat "http://localhost/namafolderprojectanda/nama.php"

Mulailah "berkoding" ria :). Untuk kode-kode yang lebih ekstrem, nantikan beberapa project portofolio saya yang bisa anda gunakan untuk belajar :D.

Selamat Belajar, Semoga bermanfaat :)

~Muhammad Syakirurohman~




Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman