Blogroll

Layanan Webhosting Murah

5 Cara Alternatif Menulis Artikel Blog Berkualitas

Membuat sebuah artikel yang berkualitas bukanlah hal mudah yang bisa dilakukan setiap Blogger. Semuanya tergantung pada kemampuan dan seberapa ahli Blogger menguasai topik yang dipilihnya. Sedangkan, Artikel berkualitas selalu menjadi hidangan utama yang harus ada dalam sebuah blog.

Ingat! Pengunjung blog anda 80% lebih datang karena mencari konten atau informasi yang bermanfaat dan berkualitas!

Tips Menulis

Masalahnya, apakah anda sudah bisa dan terbiasa menulis konten blog yang bermutu ?. Tidak perlu khawatir, Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda praktekkan untuk membuat konten yang baik di blog anda.

1.  Menulis Posting Orisinil (Cara biasa)

Cara ini adalah cara dimana anda menulis posting yang merupakan buah pikiran anda sendiri. Untuk bisa menulis posting secara orisinil dan berkualitas anda harus benar-benar menguasai apa yang anda tulis dan berwawasan luas. Anda juga harus punya kemampuan menulis dan berbahasa yang memadai, serta mampu menuangkan inti dari tulisan secara utuh.

Cara ini mungkin adalah cara paling sulit. Dan kalau saya boleh tebak, mungkin beberapa dari anda yang membaca posting ini tidak terbiasa menulis tulisan orisinil dan mencari cara lain untuk menulis artikel berkualitas.

Bener engga ? Kalo salah, yaudah..!

2.  Mengumpulkan Sumber

Cara kedua adalah dengan mengumpulkan sumber dari berbagai tulisan atau artikel sejenis. Anda harus mampu mencari sumber-sumber dari berbagai situs maupun media lain yang setopik dengan blog anda, lalu mengemas dan menyusunnya dengan gaya menulis sendiri.

Hal yang menguntungkan dari cara menulis ini adalah menambah wawasan anda tentang topik yang anda tekuni. Namun, anda juga harus memperhatikan apakah para pemilik sumber ikhlas jika anda mengutip kalimat atau paragraf di tulisannya. Jika meragukan, tidak ada salahnya minta izin dulu. Dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka cantumkan sumber-sumber tulisannya.

Jika tidak mau mencantumkan sumber, maka anda jangan mengutip kalimat atau paragrafnya. Anda harus menulisnya kembali dengan gaya bahasa sendiri namun tidak menghilangkan inti.

3.  Menulis Ulang

Menulis ulang berbeda dengan copas, plagiat dan spinning. Cara ini sah-sah saja selama tidak merugikan pihak lain atau pemilik sumber. Menulis ulang berarti anda membaca secara menyeluruh sebuah artikel, menangkap inti-intinya, lalu menulisnya kembali di blog dengan gaya sendiri.

Seperti poin kedua, cara ini juga dapat memperluas wawasan anda. Pilihlah artikel yang bermutu untuk ditulis ulang. Sebaiknya, sertakan pula sumber artikel untuk menghindari gugatan yang tidak dinginkan.

4.  Menerjemahkan

Ketahuilah! bahwa dunia ini masih terlalu luas untuk anda jamah. Ada banyak sekali tulisan yang sangat berkualitas dalam berbagai bahasa untuk anda terjemahkan. Menerjemahkan merupakan salah satu cara terbaik untuk membuat konten yang bermanfaat. Bahkan, biasanya artikel-artikel yang ditulis dalam bahasa inggris lebih berkualitas dan lengkap ketimbang yang dalam bahasa indonesia.

Untuk bisa menerjemahkan, tentunya anda harus cukup mahir dalam berbahasa (terutama bahasa inggris). Jika belum mahir, anda bisa memanfaatkan Google translate. Tapi ingat, hasil terjemahan Google translate bukanlah bahasa yang digunakan untuk manusia. Jadi anda perlu mengeditnya lagi. Dengan menerjemahkan, berarti anda sedang mengasah kemampuan bahasa anda dan menambah luas wawasan tentang topik blog anda.

Jangan lupa, apabila anda membuat sebuah artikel terjemahan, mencantumkan sumber adalah hal yang wajib.

5.  Mencari Artikel Tamu

Cara terakhir adalah dengan mencari artikel tamu (Guest post) atau mencari Blogger tamu (Guest Blogger) yang mau menulis di blog anda. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengumumkan bahwa blog anda menerima artikel tamu. Namun, itu saja tidak cukup. Jika blog anda belum mapan dari sisi ranking di mesing pencari, agak jarang blogger yang mau menulis di blog anda. Oleh karena itu, anda harus mencari sendiri misalnya lewat website-website tempat berkumpulnya Blogger tamu yang mencari situs penerima Artikel tamu seperti www.myblogguest.com.

Tapi, anda juga harus selektif dalam memilih guest post yang akan anda terima. Anda harus mengecek apakah artikel itu pernah dipublikasikan atau belum, seberkualitas apa, dan berbagai pertimbangan lainnya.

Keuntungan dari menerima guest post ini anda tidak harus cape-cape mengetik artikel. Manfaat lainnya adalah anda akan membuat hubungan baik dengan para Blogger tamu.

Kesimpulan

Teruslah berusaha untuk membuat artikel berkualitas dan bermanfaat. Mudah-mudahan 5 cara diatas bisa membantu anda. Namun,  carilah dan cobalah cara-cara baru yang mungkin lebih membantu. Jika anda punya cara tersendiri untuk menulis posting yang bermutu, jangan segan untuk berbagi lewat kotak komentar.

Itu saja dari saya, semoga artikel ini bermanfaat. Wassalam.

~Muhammad Syakirurohman~



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

19 Komentar:

  1. Saya biasa nulis artikel buatan saya sendiri meski jelek tulisannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, memang cara seperti itu punya sensasi dan kepuasan tersendiri kalau melakukannya. dan itu juga sebagai lathian nulis buat kita.

      Hapus
  2. yang mau jadi guest post di blog saya, bebas mas, cuma sih belum bisa kasih bayaran kaya di blog luar negri. #Rizkyzone.com

    BalasHapus
  3. Saya lebih setuju kalau setiap blogger menulis dari hasilnya sendiri Mas,,
    Walau gimana pun itu penting untuk terus dilatih!! Saya sih lebih nyaman kalau menulis tanpa harus melihat2 blog sebelah atau orang lain.. Takutnya malah terpengaruh! Mending memunculkan gaya tulisan dan pemikiran sendiri saja lah. ^_^

    Salam Kenal Mas Syakir Rahman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar, saya juga setuju.. poin-poin lainnya saya sajikan untuk blogger yang belum ahli nulis supaya nggak lari ke copas hehe :D

      iyaa, salam kenal juga mas chaidir..

      Hapus
  4. Alhamdulillah, sejak kenal ngeblog selalu bangga dengan tulisan saya sendiri :) Penulis tamu memang masih jarang ya di blog - blog Indonesia, memang gampang - gampang susah sih, saya pernah sekali nulis buat web lain, habis itu malah kayak lost contact :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau soal jadi penulis tamu sih, saya sudah pernah 2 kali di blog isnuansa.com dan 1 kali di tutorial-webdesign.com, dan itu benar-benar ngefek sama blog saya :D

      Hapus
  5. kalau saya mach udah bsa nulis sendiri gan. an pakek bahasa sendiri pula. lebih seger. dan alhasil kata kunci saya masuk no1 google. hhehe
    f

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, hebat dong kalau sudah bisa gituu.. sudah jadi blogger sejati :D

      Hapus
  6. Tips 1-5 mantabs semua bos. yg penting nulis yang kira-kira bermanfaat dan banyak di cari pembaca aja,, heee
    tapi kadang jg gak gampang kalau mau bikin artikel itu ya. masih sering bingungnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, karena itulah artikel ini dibuat :)

      Hapus
  7. mampir juga di pedepokan saya http://blogagamatauhid.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. terimakasih infonya om , saya juga lagi belajar nih menulis tetapi lumayan susah menulis artikel seperti om yang berkualitas dan mudah dipahami untuk pembaca di websnya om , sukses selalu untuk om :)

    BalasHapus
  9. Thank Infonya Gan, buat yang butuh terapi mampir kesini
    http://www.permataholistic.blogspot.com
    http://www.pijatpatahtulang.blogspot.com

    BalasHapus
  10. saya masih suka copas gan -_- aras2en kalo nuris sendiri ..

    BalasHapus
  11. Tolong Kunjungi Blog Saya Gan, Jangan Segan Untuk Berkomentar, Saya Masih Newbe soalnya :D, Salam Kenal Dan Salam Blogger ;-)

    BalasHapus
  12. blog saya : http://dimasgustimaulana.blogspot.com/

    BalasHapus
  13. Sangat benar sekali menulis memang punya gaya dan cara sendiri-sendiri, tujuan akhir bikin pengunjung betah dan artikelnya bermanfaat.

    BalasHapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman