Blogroll

Layanan Webhosting Murah

7 Tips Agar Tidak Pernah Kehilangan Ide Menulis Blog

Sebagai seorang penulis biasa, ada kalanya kita merasa tidak ada hal lagi yang bisa kita tuliskan di blog karena sudah terlalu banyak posting. Hal ini sangat normal terjadi karena otak kita tidak selamanya terus menemukan ide-ide segar yang bisa kita tuangkan menjadi sebuah artikel. Namun, tahukah anda bahwa hal ini bisa anda atasi dengan mudah!. Karena, sebenarnya anda tidak harus memikirkan ide sebelum anda menulis sebuah artikel. Ide memang harus ada, namun anda tidak usah memikirkannya lagi. Anda hanya harus membiarkan ide datang dengan sendirinya.
"Seorang penulis sejati bukanlah orang yang mampu memikirkan ribuan ide. Penulis sejati adalah orang yang mampu menuangkan 1 ide dalam ribuan kata"



Di bawah ini adalah beberapa tips agar anda tidak pernah kehilangan ide saat anda akan menulis.

1. Langsung Tuliskan!

Poin ini adalah poin yang wajib anda praktekkan. Maksudnya, setiap kali anda menemukan ide menulis, tuangkanlah langsung menjadi artikel. Jika tidak memungkinkan, catat poin-poin pentingnya. Baik itu di selembar kertas atau di notepad.
Ketahuilah! Bahwa ide adalah sesuatu yang datang dalam sekejap, lalu akan menghilang pula dalam sekejap.
Karena itulah, anda perlu menuliskannya. Saya pribadi, jika terpikirkan sebuah ide namun tidak bisa menuliskannya, saya akan langsung membuat sebuah draft posting dengan menggunakan kata kunci ide tersebut di judulnya. Lalu, meninggalkannya dan melanjutkannya di lain waktu.

2. Buat Pengingat & Agenda

Pengingat dan agenda bisa anda jadikan alat untuk menampung ide-ide yang terpikirkan namun belum sempat anda tuliskan. Alih-alih menuliskan ide secara tercecer dimana-mana, lebih baik jika anda membuat sebuah file yang isinya adalah kumpulan ide-ide yang belum dapat anda tuliskan.

Anda juga bisa membuat jadwal dan pengingat bahwa kapan anda harus menulis posting tertentu. Di waktu santai anda juga bisa memikirkan hal-hal apa saja yang bisa anda tulis di blog, lalu menuliskan judul artikelnya di agenda ini. Jadi, ketika anda malas mencari ide untuk menulis, anda tinggal membuka file ini yang berisi ide-ide yang anda kumpulkan sebelumnya.

Anda bisa menggunakan software seperti Microsoft excel untuk membuatnya. Namun, saya pribadi hanya menggunakan notepad karena merasa lebih simple.

3. Membaca

Hal penting lain adalah membaca. Tentu saja, membaca hal-hal yang berkaitan dengan apa yang anda bahas di blog. Membaca dapat memperkaya wawasan di bidang yang anda geluti. Dengan begitu, anda akan menemukan pengetahuan-pengetahuan baru yang bisa anda jadikan sebagai "benih-benih" ide cemerlang anda.

4. Bersosialisasi

Bersosialisasi disini, tujuannya hampir sama dengan membaca, yaitu untuk menambah wawasan. Bersosialisasi atau berdiskusi dapat anda lakukan di forum atau komunitas-komunitas tertentu yang membahas apa yang anda tulis di blog. Hal ini akan menjadi ajang bertukar ilmu dengan rekan-rekan satu bidang anda. Semakin banyak ilmu yang anda dapat, semakin banyak pula ide-ide yang bisa anda pikirkan dan kembangkan.
Selain itu, bersosialisasi juga bisa memperbanyak teman, mempererat persahabatan dan silaturahmi.

5. Up To Date

Yap, jangan jadi orang kudet. Ikutilah perkembangan-perkembangan yang terjadi di bidang anda. Anda bisa mendapatkan informasi-informasi itu dengan browsing, berlangganan situs paling terkenal di bidang anda, dan ikut nimbrung di forum. Informasi-informasi yang anda dapat itu bisa anda jadikan sebagai ide untuk tulisan anda di blog.

6. Jaga Mood

Jagalah selalu mood anda. Mood sangat berpengaruh pada apa yang anda tulis di blog. Mood yang bagus dapat membuat anda berkonsentrasi memikirkan ide yang akan anda tuangkan dan biasanya menghasilkan pemikiran yang cemerlang. Anda bisa menjaga mood anda mulai dari melakukan hal-hal yang anda suka, bersantai, dan lain-lain

7. Menulis sambil santai

Yaa, menulislah dengan santai. Jangan terburu-buru atau tergesa-gesa. Menulislah sesuka hati dengan gaya anda tanpa keluar dari topik. Jangan sampai terbebani. Menulis dengan cara seperti ini dapat melepaskan ekspresi-ekspresi tertentu kedalam tulisan. Hal ini akan membuat otak kita secara otomatis mencari potongan-potongan topik yang masih berhubungan untuk melengkapi apa yang anda tulis. Hasilnya, tulisan anda akan lebih kaya isi dan lebih dinamis.

Nah, itulah 7 tips menemukan dan mengatur ide agar selalu ada setiap anda akan menulis. Silahkan dipraktekkan. Semoga Bermanfaat.

~Muhammad Syakirurohman~ 



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman