Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Cara Membuat, Mengedit dan Menghapus Label di Blogger

Mengatur struktur kategori di blog merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena menyangkut pada pengorganisiran konten dan juga kenyamanan pengunjung. Pengunjung blog anda akan nyaman ketika mengeksplorasi konten di blog anda karena anda tepat mengatur kategorinya. Mereka akan mudah menemukan artikel yang mereka cari.

Di platform Blogger, kategori dinamai dengan Label yang jika di wordpress persis sama seperti tags. Mengatur kategori di blogger tidak sama dengan di wordpress. Kategori di wordpress mudah dibuat secara struktural dan pengindukan karena memang sudah tersedia fiturnya. Di wordpress juga anda bisa mengatur, mengedit, dan menghapus kategori dengan mudah.

Lain halnya dengan Blogger. Di Blogger, untuk mengatur -terutama mengedit dan menghapus- kategori agak sedikit rumit jika anda tidak mengetahui triknya. Bahkan, pada awalnya saya sendiri tidak tahu bahwa ada cara mengedit dan menghapus label di blogger. Oleh karena itu, di sini akan saya bahas tentang cara mengatur, membuat, mengedit dan menghapus label baik untuk satu post ataupun sekaligus banyak post di Blogger.

Membuat Label Baru

Untuk membuat label baru, cara pertama adalah dengan mengetikan nama label di pilihan labels dis sidebar kanan ketika anda mengedit atau membuat sebuah post. saya rasa semua blogger sudah tahu cara ini. Namun, apakah anda sudah tahu bagaimana membuat sebuah label yang langsung diintegrasikan untuk banyak posting?.
Begini caranya..


Pertama, buka halaman daftar post dengan mengklik menu "Posts" di sidebar kiri. Setelah itu, tandai/ceklis posting yang mana saja yang ingin anda tambahkan labelnya -seperti pada gambar diatas-. klik ikon di samping bacaan "Revert to draft". Lalu klik "New label". Akan muncul sebuah kotak dialog, lalu ketikan nama label yang anda inginkan. Saya mengetikkan label "testing" karena ini sebagai contoh saja. Selesai, dan label baru telah terbuat.

Mengedit dan Menghapus Label

Sebenarnya, di blogger anda tidak bisa mengedit sebuah label yang sudah anda buat. Secara teknis, anda hanya bisa membuat dan menghapusnya. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang bagi anda jika anda ingin mengganti nama label.

Untuk menghapus sebuah label, cara pertama adalah dengan tidak mengintegrasikan posting apapun di blog anda dengan sebuah label. Jadi, dengan mengosongkan label tersebut dari posting secara otomatis label akan terhapus. Namun, cara ini lama karena anda harus mengedit satu-persatu posting dengan label tertentu dan menghapus label itu.

Jika anda ingin menghapus label sekaligus banyak, langkah pertama adalah dengan memfilter atau menyaring daftar posting dengan label terpilih seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Caranya adalah dengan memilih label di pojok kanan atas disamping form pencarian. Setelah itu, ceklis semua post yang ada. Klik ikon label di samping bacaan "Publish". Lalu, akan keluar dropdown label dan klik nama label yang tadi anda filter/saring postingannya. Di gambar saya memilih label testing karena label itulah yang akan saya hapus. Setelah anda mengkliknya, label tersebut akan terhapus.




Lalu, bagaimana dengan mengedit label ?. Pertama hapuslah label yang ingin anda edit dengan cara diatas, kemudian buatlah label baru yang namanya mirip dengan cara pertama tanpa anda harus menghilangkan tanda ceklis pada postingannya terlebih dahulu.

Nah, begitulah caranya. Saran saya, berhati-hatilah dalam mengatur struktur label di blog anda karena kesalahan dalam penamaan label bisa berakibat yang cukup parah pada blog anda.
Selamat mencoba triknya, Semoga bermanfaat :)

~Muhammad Syakiruohman~



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

6 Komentar:

  1. saya pernah bikin label blog buanya sementara postingan yang di label tersebut cuma dikit, enakan label dikit tapi di laber tersebut postingannya banyak. #Rizkyzone.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sih kebalikannya saya.. saya posting sedikit, label banyak.. soalnya biar nambahin keyword aja di search engine plus biar lebih deskriptif sama pengunjungnya.

      Hapus
    2. Saya satu posting bisa banyak label, jadi walaupun posting blom banyak tapi tiap label punya banyak posting hehe..

      Hapus
  2. Thanks, cukup membantu...
    ditunggu Kunbalnya gan http://zeen66.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. ada langkah yang kelewat kali mas, pasti bisa kok.. ulangi lagi aja langkah2 diatas

      Hapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman