Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Apa itu Mockup/Wireframe (Website) ?

Dalam dunia website, Mockup/Wireframe adalah rancangan awal sebuah desain web yang dibuat secara manual menggunakan photoshop, atau software pengedit gambar lainnya. Mockup merupakan gambar model atau prototif halaman web secara full dan detail. Format mockup ini biasanya berbentuk file .PSD (Photoshop Document).

Sebenarnya, selain menggunakan photoshop atau software pengedit gambar, Mockup juga dapat dibuat dengan software yang memang dikhususkan untuk membuat mockup seperti Mockingbird, Cacoo, Mockflow, dan sebagainya. Namun, bisanya software-software seperti ini justru hanya memungkinkan pembuat untuk membuat mockup yang sederhana alias seadanya. Misalnya, hanya sebatas layout dan navigasinya saja.

Mockup ini berfungsi sebagai acuan kerja pembuatan website agar tidak menyimpang dari tujuan awal membuatnya. Biasanya, pembuatan website yang menggunakan mockup lebih efektif dan terstruktur karena pada saat pembuatan mockup itu sudah ditentukan kerangka pembuatan websitenya.

Mockup dikerjakan oleh seorang web designer yang nantinya akan diserahkan pada web programmer. Oleh web programmer, Mockup ini nantinya akan di ubah ke bentuk halaman web berformat .html. Pengubahan ini biasanya disebut "Slicing PSD to HTML". Pengubahan ini dilakukan secara manual oleh programmer dengan mengetikkan kode-kode HTML dan CSS.

Sekian, semoga bermanfaat! Jangan lupa komentar dan likenya yaaa ^_^

~Muhammad Syakirurohman~



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman