Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Apa itu Cache ?

Cache (Bahasa indonesia : Tembolok) berasal dari kata cash yang berarti tempat menyembunyikan atau tempat menyimpan sementara.
Cache adalah mekanisme penyimpanan data sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data / instruksi yang sering diakses. -Wikipedia 
Definisi saya sendiri, Cache adalah sebuah metode penyimpanan data pada sebuah software dimana data yang tersimpan itu berguna untuk dipakai kembali ketika mengakses ulang software tersebut. Agar lebih mudah dipahami, saya contohkan kasus penyimpanan cache web pada browser dibawah ini.

Ketika anda mengakses sebuah web dari satu browser (misalnya Mozilla firefox), maka web yang anda akses itu akan loading mengambil data-data dari servernya. Data-data ini bisa berupa gambar, script-script HTML, atau apapun yang ditampilkan di web itu.

Nah, pada saat data-data dari server itu sudah selesai di load, browser mozilla firefox anda secara otomatis akan menyimpan pula data-data tersebut. Data-data itu nantinya akan digunakan jika anda mengakses halaman web yang sama sehingga web yang anda akses itu tidak perlu "meminta" data lagi pada server, kecuali ada data baru yang ditampilkan.

Penggunaan data cache ini sangat bermanfaat karena mempercepat loading web atau aplikasi yang anda akses. Penggunaan paket data internet anda juga menjadi hemat karena tidak perlu lagi mendownload data dari server. Namun, cache juga dapat memakan space memori kita sehingga memberatkan kerja aplikasi dan memicu "Not Responding" pada aplikasi.

Tentu saja, cache ini tidak hanya ada pada browser. Ada banyak software lain yang juga memanfaatkan cache.

Itu saja, semoga bermanfaat dan penjelasan saya dapat dimengerti!. Kalau merasa terbantu, jangan lupa untuk sekedar like atau komentari posting ini :)

~Muhammad Syakirurohman~



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman