Blogroll

Layanan Webhosting Murah

10 Tips Web Design Untuk Kebergunaan(Usability) Website


Faktor Kebergunaan desain sebuah website adalah salah satu hal yang harus diperhatikan seorang Web designer. Maksud dari kebergunaan ini artinya desain web anda harus berorientasi pada pembuatan dan penempatan fungsi-fungsi yang efektif dan mudah digunakan pengguna. Kita tidak boleh asal mendesain tanpa tahu apakah nantinya itu efektif, bermanfaat, mudah diakses atau tidak.



Nah, Berikut ini akan saya paparkan 10 tips desain web untuk kebergunaan website.

Lihat Bagaimana Orang Membaca Situs Anda

1. Dua penelitian yang dilakukan oleh Dr Jakob Neilson dan perusahaan pemasaran Did-it and Enquiro telah menunjukkan bahwa pola orang melihat/mengakses sebuah situs berbentuk huruf F. Hal ini juga dikenal sebagai Google Golden Triangle(Segitiga Emas Google). Kebanyakan orang mulai melihat dari pojok kiri atas, lalu ke ke bawah dan ke kanan ketika mengakses sebuah situs web. Oleh karena itu, Konsentrasikan informasi anda yang paling penting di daerah ini.

2. Sebuah studi juga telah menunjukkan bahwa orang hanya membaca sekitar 28% dari teks pada halaman. Ini berarti konten anda harus benar-benar menarik. Penyajian konten dalam bentuk video dan infographic lebih baik ketimbang text. Namun tentu saja ini membutuhkan tenaga lebih.

3. Kebanyakan orang membaca halaman web dari kiri ke kanan. Ini berarti jika Anda menggunakan sidebar, tempatkanlah di sisi kiri. Jika halaman Anda dalam bahasa arab atau bahasa lain yang membaca dari kanan ke kiri, maka harus dibalik(jadi dikanan).

Kenyamanan Tampilan Website

4. Gunakan ruang putih untuk membuat teks lebih mudah dibaca. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan ruang putih tidak hanya membuat website Anda terlihat bersih, tetapi meningkatkan pemahaman pembaca. Artinya, jangan membuat web anda terlalu sesak dengan tulisan.

5. Jika konten halaman web anda cukup banyak sehingga halaman web memanjang kebawah, gunakan link yang menarget ke bagian-bagian konten sehingga tidak memaksa pengunjung untuk melakukan scrolling.

6. Perhatikan hal-hal kecil di web. Warna dan Font tombol yang menarik terkadang bisa meningkatkan konversi dan waktu pengunjung mengakses web anda. Sebagai contoh, daripada menggunakan halaman error 404 pada halaman yang tidak ditemukan, akan lebih baik jika anda menggunakan 2-3 kalimat pesan sopan dengan kotak & tombol pencarian dibawahnya.

Kinerja/Perfomansi Website Anda

7. Website anda harus dapat diakses dengan cepat pada semua perangkat. Pengunjung tidak punya waktu untuk menunggu load situs anda. Uji ulanglah kecepatan website pada pada berbagai perangkat dan perbaiki apabila ada yang membuat berat. Tools seperi Google Pagespeed Insights gunakan untuk mengujinya.

8. Pastikan tidak ada link mati atau yang mengarah pada halaman error. Lakukan pemeriksaan ulang apabila anda men-desain ulang atau melakukan perbaikan pada koding.

9. Gunakan navbar atau menu navigasi diatas website yang bersifat fixed atau sticky. Artinya navigasi itu akan tetap berada diatas ketika discroll kebawah

10. Pastikan halaman yang anda taut/link optimal. Sebuah studi oleh Gerry McGovern pada tahun 2010 menunjukkan bahwa hanya lima persen konversi/klik yang berasal dari halaman beranda web anda. Dengan SEO yang baik pada halaman tertentu, anda akan meningkatkan konversi klik pada website anda. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan internal linking di web anda.

Itulah 10 tips yang semoga saja bisa bermanfaat bagi anda. Jika anda ingin tips yang lebih praktis lagi tentang desain web, mungkin anda bisa baca artikel ini : 7 Tips Desain Web Untuk Kenyamanan Pengunjung (UX).

Itu saja dari saya, semoga bermanfaat!

~Muhammad Syakirurohman~



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

0 Komentar:

Posting Komentar

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman