Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Tips Trik SEO Onpage #1 : Membuat Atribut dan Elemen Website SEO Friendly

Mungkin di blog-blog lain juga anda sudah pernah membaca tentang tips trik SEO onpage. Namun, sebelumnya saya tekankan disini, bahwa ada beberapa hal di bawah ini yang tidak ada di blog lain. Yaa, dengan membaca artikel ini, saya jamin ada beberapa hal baru yang akan anda ketahui.

SEO onpage #1


Posting ini adalah bagian pertama dari seri artikel tentang SEO onpage yang akan menjelaskan bagaimana mengoptimalkan atribut halaman dan elemen situs anda agar crawler mesin pencari mudah untuk menjelajahi dan membacanya. Jika crawler dengan mudah dapat menjelajahi dan membaca situs anda, anda akan mendapatkan nilai yang baik di mata mesin pencari. Hasilnya, akan memperbaiki SERP anda walaupun hanya beberapa persen saja.

Sebelum lebih jauh, jika anda belum memahami apa itu SEO onpage, silahkan baca tentang pengertiannya di sini.

Nah , berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengoptimalkan halaman/homepage blog anda agar SEO Friendly :

1 . Title Blog/Web yang SEO Friendly

Hal pertama yang harus anda perhatikan sebelum ke teknik SEO yang lainnya adalah keoptimalan title. Hal ini karena title mewakili nama halaman situs anda di mesin pencari. Pertama dan yang terpenting, title blog anda harus sesuai dengan isi blog anda. Namun, itu saja tidak cukup. Anda juga harus menyertakan tagline dan kata kunci utama anda di dalam title. Contohnya adalah blog ini yang berjudul utama : Syakirurohman dan tagline-nya : Tips Blog dan Teknologi Web. Untuk mengaturnya adalah dengan memodifikasi tag <title> pada kode html situs anda. Tentunya, setiap jenis situs berbeda-beda caranya. Namun, disini saya memberikan contoh cara mengatur title di blog berbasis Blogger/blogspot.

Masuk ke halaman Edit HTML dengan langkah Dashboard > Template > EDIT html. Lalu, temukan kode dibawah ini (cari dengan klik CTRL+F):

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

*Kode di blog anda mungkin tidak sama persis dengan kode diatas. Namun pada intinya sama, yaitu untuk pengaturan tag <title>. Pastikan bahwa kode tersebut berada diantara tag <head> dan </head>.

Kemudian, ubahlah kode di atas menjadi:

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<title><data:blog.title/> | TagLine Blog anda</title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
</b:if>

Maksud kode diatas adalah :
Jika url blog adalah url homepage (halaman utama), maka title-nya berpola "Judul Blog | Tagline Blog". Jika tidak, maka titlenya berpola "Nama Halaman/posting | Judul Blog".

Nah, kedua pola title di atas adalah pola yang SEO Friendly.

2. Meta Deskripsi yang Sesuai & Optimal

Meta deskripsi atau Meta Description adalah deskripsi situs yang akan dibaca dan ditampilkan oleh mesin pencari di hasil pencarian. Meta deskripsi harus sesuai dengan konten blog. Sama halnya dengan tittle, meta deskripsi juga harus mengandung kata kunci utama di blog anda. Anda harus bisa mendeskripsikan blog anda sesingkat dan sepadat mungkin. Kisaran panjang meta deskripsi yang baik adalah sekitar 150 - 200 karakter. Meta deskripsi suatu blog/website di atur dalam sebuah tag <meta> yang diletakkan di antara tag <head></head> dengan atribut seperti dibawah ini :

<meta name="description" content="Meta Deskripsi Situs anda"/>

Untuk cara mengatur meta deskripsi lebih jauh, insyaallah akan saya bahas lain kali karena jika dibahas disini akan terlalu panjang.

3. Kesesuaian Kata Kunci dan Hindari Keyword Stuffing 

Sama seperti meta deskripsi, kata kunci juga berfungsi untuk mendeskripsikan situs anda. Hanya saja, dalam bentuk penggalan kata-kata yang umum digunakan di konten website anda. Walaupun sekarang Google tidak lagi menghiraukan kata kunci sebagai parameter SERP, namun beberapa mesin pencari lain masih mempertimbangkannya. Jadi, kata kunci masih harus tetap diperhatikan.

Kata kunci blog yang baik adalah yang sesuai dengan isi blog dan memang menjadi kata yang sering digunakan. Hindari juga keyword stuffing atau pengulangan kata kunci yang ditujukan untuk mengelabui mesin pencari. Jumlah kata kunci yang baik berkisar antar 5 - 10 kata saja perhalaman website.

Kata kunci suatu web diatur dalam tag <meta> dalam diantara <head> dan </head> dengan atribut seperti dibawah ini :

<meta name="keywords" content="katakunci1, katakunci2, ..., katakunci10"/>

SEO onpage #1

4 . Pengaturan Tag Heading yang baik ( H1 , H2 , H3 , H4 , H5 , H6)

Tag Heading adalah tag html yang digunakan untuk membuat sebuah judul di website. Tag Heading mempunyai peranan yang cukup penting untuk mengoptimalkan SEO situs kita. Hal ini karena mesin pencari akan mengutamakannya karena dianggap sebagai hal yang penting di blog. H1 adalah heading yang tingkat pentingnya lebih tinggi dari tag heading lainnya. Sedangkan H6 adalah sebaliknya. Pengaturan heading yang baik akan membantu mesin pencari memprioritaskan konten di blog kita. Secara umum, penggunaan heading di blog adalah sebagai berikut ini

<H1> < / H1 > : Untuk judul blog Anda .
<H2> < / H2 > : Untuk judul widget.
<H3> < / H3 > : Untuk judul posting.
<H4> < / H4 > : Untuk kutipan penting dalam artikel , judul lain yang memiliki skala yang lebih kecil di blog .
<H5> < / H5 > - <H6> < / H6 > : jarang digunakan

Namun, saya pribadi biasa mengunakan H1 untuk judul posting karena menurut saya judul posting merupakan hal yang penting di blog. Dan ini memang sudah teruji kebaikannya untuk mesin pencari.

5 . Struktur Kode Konten Blog harus di atas atau lebih awal

Setiap halaman website/blog tersusun oleh kode-kode HTML. Jadi, tentu saja struktur kode html sebuah halaman situs juga mempengaruhi SEO. Hal ini karena robot crawler mesin pencari membaca sebuah halaman web melalui htmlnya. Semakin atas atau semakin awal letak kode html, maka robot crawler akan menilainya sebagai bagian penting dari halaman tersebut sehingga diprioritaskan. Oleh karena itu, kita harus menempatkan kode-kode html bagian penting di blog kita di bagian atas. Dan tentu saja bagian penting setiap blog adalah konten/artikel-nya. Karena itulah, struktur kode artikel/posting harus lebih awal/atas agar SEO Friendly.

Namun, beberapa blogger ada yang berkata bahwa posisi konten pada halaman blog yang SEO friendly adalah di sisi kiri, dengan sidebar di sisi kanan . sebenarnya ini adalah kesalahpahaman, karena posisi kiri atau kanannya konten di halaman blog dapat dimanipulasi oleh kode CSS. Kesalahpahaman ini mungkin disebabkan karena kode konten yang terletak disisi kiri umumnya terletak di bagian awal kode html. Tapi, sekali lagi, hal ini bisa dimanipulasi dengan kode CSS.

Agar lebih jelasnya, dibawah ini saya sajikan 3 struktur kode html yang sering digunakan:

A. Blog dengan 2 kolom template yang dengan sidebar di sebelah kanan :

<html>
<head>
<title>judul blog< / title>
</head >
<body>
<div> Ini adalah kode header </div>
<div> Ini adalah kode Konten </div>
<div> Ini adalah kode sidebar kanan </div>
<div> Ini adalah kode footer </div>
</body>
</html >

B. Blog dengan 2 kolom template dengan sidebar di sebelah kiri :

<html>
<head>
<title>Judul Blog</title>
</head>
<body>
<div> Ini adalah kode header </div >
<div> Ini adalah kode sidebar kiri</div>
<div> Ini adalah kode Konten </div>
<div> Ini adalah kode footer </div>
</body>
</html>

C. blog dengan 3 kolom Template :

<html>
<head><title>Judul Blog</title>
</head>
<body>
<div> Ini adalah kode header </div>
<div> Ini adalah kode sidebar kiri</div>
<div> Ini adalah kode Konten </div>
<div> Ini adalah kode sidebar kanan </div>
<div> Ini adalah kode footer </div>
</body>
</html>

Nah, manakah yang terbaik? Pilihan A. yaa! pilihan A adalah struktur kode html yang paling baik karena kode konten di atas setelah header. Lalu, bagaimana dengan B dan C ? . jika blog struktur HTML Anda seperti B dan C , Anda dapat memindahkan kode kontennya ke atas (di bawah kode header). Nah, bagaimana tampilan di blog?. Mudah. Tinggal memanipulasi saja dengan kode css sehingga posisi konten pada halaman blog tidak berubah .

6. Link Dofollow ditiap halaman tidak lebih dari 100 link

Satu hal yang harus Anda pertimbangkan untuk SEO blog Anda adalah jumlah link (terutama dofollow) pada setiap halaman blog. Entah itu adalah link ke halaman lain di blog Anda (link internal) atau link ke blog lain ( link eksternal ). Jumlah link dofollow dalam sebuah halaman situs yang baik tidak boleh lebih dari 100 link. Jumlah link dofollow yang terlalu banyak akan menyulitkan crawler mesin pencari karena 'disuruh' untuk mengikutinya (mencrawl-nya juga). Hal ini tidak baik untuk performasi kita di mata mesin pencari.
Untuk mengetahui jumlah link dofollow di blog/situs kita, anda bisa menggunakan ekstensi-ekstensi browser gratis yang bisa anda download dengan mudah (Lain kali saya akan menuliskan tentang ini).

7. Membuat Halaman Blog Ringan & Cepat Loading

Di era yang semakin modern ini, mesin pencari sudah semakin tahu kebutuhan penggunanya. Nah, salah satu kebutuhan penggunanya adalah kecepatan loading sebuah halaman situs. Oleh karena itu, ringan tidaknya sebuah halaman website sangat mempengaruhi SEO. Semakin ringan sebuah halaman dimuat, maka akan semakin baik. Oleh karena itu, ringankanlah kecepatan website anda dengan membuang elemen-elemen yang tidak penting, mengkompres kode css, javascript maupun html dan sebagainya.

Nah, itulah 7 poin penting untuk mengoptimalkan SEO onpage blog anda lewat atribut dan elemen website anda. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk mempertanyakannya di kolom komentar dibawah. terakhir, jangan lupa untuk berlangganan blog ini untuk menerima infomasi update artikel kelanjutannya!.
Semoga bermanfaat & happy blogging.

~Muhammad Syakirurohman~



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

6 Komentar:

  1. nambah pengetahuan lebih dalam tentang nge Blog, makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoo, sama-sama bro.. terima kasih komentar pertamaxxnya :D

      Hapus
  2. Kalau saya karena buta soal kode2 pemograman web, jadi saya cuma bisa cari2 template yang sudah seo friendly. Paling cuma edit dikit di tampilan. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, asal tidak salah pilih, itu cara sederhana yang bagus mas :D

      Hapus
  3. h1 bisa di pakai untuk logo tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat nama website, kalo ada logonya, biasanya di sembunyiin dibelakang logo...
      kalo lgo itu pakai tag img bagusnya

      Hapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman