Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Mengenal Elemen & Komponen yang Ada Pada Blog/Website

Sebagai seorang pengguna internet, blogger atau bahkan web developer kita harus mengenal dan mengetahui elemen atau hal-hal yang ada pada sebuah website. Sebab, bagaimanapun, setiap kita terkoneksi internet dan menggunakannya kita tidak akan terlepas dari sebuah aplikasi bernama "Web". Oleh karena itu, bahkan untuk anda yang masih sangat awam, artikel ini harus anda baca karena merupakan sebuah pengenalan penting yang sederhana dan lugas mengenai komponen dan elemen yang sering "tertempel" pada sebuah website maupun blog.

Sebuah website tersusun dari komponen dan elemen dengan fungsinya masing-masing, lalu terkumpul dan saling berkaitan. Mungkin tanpa anda sadari, saat membaca artikel ini juga sebenarnya anda sedang menggunakan fungsi dari elemen-elemen itu. Nah, untuk mengenalinya lebih jauh, berikut ini adalah daftar elemen website yang umumnya tertampil.

Komponen Dasar

1. Title

Title adalah judul atau nama dari sebuah halaman web. Letaknya di titlebar browser.

Title Website / judul situs

2. Nama Domain

Nama domain adalah nama alias dari sebuah website. Sebenarnya, nama asli dari setiap website itu berupa IP address yang berupa nomor acak yang unik. Nama domain disewa dari pencatat/registrar domain per tahun. Domain digunakan agar manusia mudah untuk mengingat nama sebuah website. Kadangkala nama domain juga mewakili nama sendiri, nama brand, produk maupun perusahaan.

Contoh nama domain adalah www.syakirurohman.net yang merupakan nama domain blog ini.

3. Alamat URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator. Jika sebuah halaman web kita diibaratkan dengan rumah, maka URL ini adalah alamat lengkap rumah kita. Letaknya ada di addressbar browser. Setiap Halaman web memiliki url yang unik dan berbeda. Format URL bermacam-macam. Namun, semuanya selalu diawali dengan nama domain website atau blog tersebut.

Alamat Url website


4. Link/tautan

Jika kita ibaratkan lagi bahwa sebuah halaman web adalah rumah, maka link atau tautan ini adalah pintu/gerbang/lorong yang menuju ke halaman lain baik itu yang masih satu web maupun halaman di web yang berbeda.
Contoh Link :

Ini adalah link untuk kehalaman utama(syakirurohman.net), silahkan klik

Pengarahan link diatur dalam kode html <a href="alamat url halaman website tujuan">Anchor teks/ Teks yang dilink</a>.

5. Header

Header adalah bagian atas dari sebuah website. Biasanya berisi nama situs, logo dan deskripsinya. Header berfungsi untuk menampilkan identitas utama dari sebuah situs.
Contoh Header :

Header sebuah blog


6. Konten/Isi

Konten atau isi sebuah situs berupa informasi dan artikel yang biasanya terletak dibagian tengah. Artikel yang sedang anda baca ini juga adalah bagian dari konten. Konten adalah bagian terpenting dari sebuah blog maupun website. Konten di halaman utama sebuah blog biasanya adalah daftar posting seperti pada gambar.

Konten sebuah situs


Elemen yang sering ada di sebuah Blog/Website

7. Sidebar

Sidebar adalah bagian sisi kanan maupun kiri sebuah website dan terletak di sisi konten. Sidebar biasanya berisi informasi tambahan dan navigasi dari sebuah website. Sidebar diisi dengan widget-widget. Misalnya, di blog ini ada 2 sidebar yaitu sidebar kiri yang berisi widget kategori dan sidebar kanan yang berisi widget media sosial dan popular posts.

Keberadaan sidebar ini bersifat opsional sesuai keinginan dan desain blog/web masing-masing. Ada blog yang hanya satu kolom(tanpa sidebar), ada yang hanya satu di sebelah kanan ataupun kiri, dan ada juga yang dikedua sisi memiliki sidebar seperti blog ini.

8. Widget

Setelah membaca nomor 7, anda pasti sudah tahu sedikit gambaran tentang widget. Yaa, widget adalah sebuah daerah pada website yang isinya berupa informasi tertentu dan memiliki fungsi tertentu pula. Widget tidak harus terletak pada bagian sidebar. Widget juga bisa terletak pada bagian atas posting, footer bahkan header (walaupun sangat jarang).

Contoh widget :

contoh widget website


9. Footer

Footer adalah bagian dasar atau paling bawah dari sebuah website. Fungsi utamanya adalah sebagai kaki dan berisi informasi hak cipta, kepemilikan, link tambahan, sumber daya, sponsor dan kredit sebuah website. Namun, kadang-kadang footer juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk menampilkan widget.

Contoh Footer :

footer website


10. Navbar

Navbar adalah kependekan dari Navigation bar. Navbar merupakan bagian website yang biasanya terletak di bagian paling atas dan bersifat melayang/fixed (Selalu terlihat walaupun di scroll). Navbar berfungsi untuk mempermudah navigasi sebuah situs. Biasanya berisi link-link penting yang mungkin dikunjungi dalam situs itu.

Contoh Navbar :

Contoh Navbar


11. Menu

Menu adalah bagian dari website yang berisi link-link utama yang mengarah pada halaman tertentu di sebuah website. Secara fungsi hampir sama dengan navbar yaitu untuk mempermudah navigasi di web. Namun, teknisnya sedikit berbeda karena biasanya menu tidak melayang. Menu biasanya terletak di bawah atau di atas header.

Contoh Menu :

Menu Website


12. Breadcrumb

Breadcrumb merupakan sebuah elemen website berbentuk memanjang yang isinya adalah informasi tentang letak, posisi dan atau jalur halaman yang sedang dikunjungi dalam website itu. Breadcrumb biasanya hanya ada di halaman spesifik/single seperti halaman posting dan sejenisnya. Biasanya terletak di atas judul posting. Format breadcrumb biasanya adalah "Beranda > Kategori Posting > Nama/judul Posting".

Contoh BreadCrumb :

Contoh Breadcrumb

13. Form

Form dalam bahasa indonesia disebut formulir. Yaa, sebagaimana formulir kertas, form pada website juga berfungsi untuk penginputan data dari pengakses website baik itu yang bersifat wajib maupun opsional. Form pada website memiliki berbagai cara input seperti Textfield, Password, ComboBox, Textarea, Radio, Checkbox, Button dan lain-lain. 
Contoh form yang digunakan pada blog ini adalah form pencarian (pojok kanan atas) dan form kontak (di halaman kontak).


Contoh form kontak pada website


14. Sharing button bar (Bar tombol berbagi)

Sharing button bar adalah tempat dimana berbagai jenis tombol berbagi ke media sosial berada. Tombol berbagi ini berfungsi untuk membagikan posting ataupun isi pada halaman yang dikunjungi ke media sosial pengunjung. Tombol yang paling sering ada adalah tombol like facebook, tweet Twitter, dan +1 Google+.

Contoh Sharing button bar :

Sharing button bar, tombol berbagi

15. Popup

Popup adalah sebuah elemen pada website yang sifatnya hanya akan muncul/ada jika dikliknya sebuah tombol atau link tertentu pada website. Popup adalah sebuah jendela yang berisi informasi tertentu yang ingin disampaikan oleh pemilik situs. Ketika sebuah link popup klik, maka akan muncul jendela popup dan elemen lain di halaman website itu tidak akan berfungsi sebelum popup itu ditutup lagi. Ketika sebuah jendela popup muncul, biasanya elemen lain di halaman situs itu tertutupi warna hitam transparan.

Contoh Popup :

Contoh popup



Itulah 15 elemen website yang biasanya ada pada sebuah website. Jika anda masih kurang jelas, anda bisa tanyakan di komentar. Atau, mungkin anda punya pendapat dan tambahan lain ? jangan sungkan untuk berbagi. Semoga bermanfaat :)

~Muhammad Syakirurohman~




Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

9 Komentar:

  1. banyak elemen website yg saya tinggalkan dalam ngeblog kelihatannya. hohoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah, yang penting website kita tetap bisa membuat pengunjung nyaman :D

      Hapus
  2. Rahman,
    Saya pakai kategori di header. Saya sudah bikin 6 posting mewakili 6 kategori dari 7 kategori. Saya lihat di header yang muncul hanya 5 kategori. Gimana agar 6 kategori muncul sekarang dan nanti 7 kategori muncul saat saya buat posting ke-7.
    Terimakasih ya.

    BalasHapus
  3. itukan pakai wordpress yaa.. mudah pak. login ke dashboard, terus tambahin menunya, di bagian linknya isi link yang mengarah ke category yang dituju

    BalasHapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman