Blogroll

Layanan Webhosting Murah

16 Tips, Trik dan Panduan Menjadi Guest Blogger

Sebelum anda membaca lebih jauh, ada baiknya anda membaca dulu artikel saya tentang Manfaat Guest Blogging. Yaa, kita sebagai blogger tahu bahwa Guest Blogging sangat bermanfaat untuk promosi blog. Tapi, Apakah anda yakin anda bisa sukses menjadi guest blogger tanpa perencanaan, trik dan strategi tertentu ?.

Jika anda hanya punya nekat untuk jadi guest blogger dan langsung menuliskan guest post tanpa memperhatikan aspek-aspek tertentu, anda hanya membuang-buang tenaga. Adalah sebuah keharusan jika anda akan memulai sesuatu, maka anda harus mengetahui ilmu tentang "sesuatu" itu.

Guest Blogging adalah seni. Jangan lakukan dengan sembarangan atau hanya akan menimbulkan kerugian. Ini Serius!



Oleh karena itulah, kita perlu tahu langkah-langkah, trik dan strategi yang benar ketika kita akan memulai menjadi seorang Blogger tamu. Nah, di artikel ini saya menyajikan tips-trik ngeblog tamu yang insyaallah sangat bermanfaat bagi anda.

TIPS & PANDUAN

1. Kirim posting di situs terkenal

Ini adalah syarat yang mutlak yang harus dipenuhi seorang guest blogger. Pasalnya, popularitas sebuah blog menentukan banyak tidaknya artikel kita dibaca. Anda harus selektif dalam memilih situs untuk mengirimkan posting anda. Hal ini untuk mendapatkan hasil yang optimal. Sebelum Anda mengirimkan posting anda , Tanyakan pemilik blog tentang traffic, alexa rank dan page rank blognya. Lihat juga jumlah komentar di setiap posting karena ini menjadi tolok ukur otoritas situsnya.

2. Baca dan ikuti petunjuk dan aturan.

Sebelum Anda mengirimkan posting anda , Anda juga harus membaca pedoman dan aturan Blogger tamu di blog itu. Ini sangat penting untuk menghindari penolakan dan untuk mengetahui apa yang pemilik blog inginkan. Jika tidak ada halaman tentang aturannya, tanyakan kepada pemilik lewat email. Tapi sebelumnya anda harus tahu apakah blog itu menerima guest blogging atau tidak. Karena tidak semua blog menerima artikel tamu.

3. Kirimkan Konten Terbaik anda

Jangan ragu dan merasa rugi untuk menciptakan posting berkualitas walaupun itu di blog lain. Perlu diingat!, sebenarnya ini adalah kunci utama kesuksesan guest blogging anda. Jangan mentang-mentang karena ke situs orang lain, anda justru mengirimkan posting yang tidak bermutu. Anda seharusnya merasa beruntung karena guest post anda biasanya lebih banyak dibaca orang lain ketimbang jika itu ditulis di blog sendiri. Ingatlah bahwa orang akan lebih menghargai penulis posting (Anda) daripada pemilik blognya.

4. Buat Pemilik blog merasa beruntung

Buatlah pemilik blog merasa beruntung dengan kehadiran anda sebagai guest blogger. Cara utamanya ada di poin nomor 3. Yaa, kirimkan posting terbaik anda. Selain itu, hal lain untuk membuat pemilik blog merasa untung adalah dengan membantu mengoptimalkan posting tamu anda di mesin pencari. Hal ini karena dapat membantu SEO blog pemilik juga.

5. Jujurlah!

Hampir setiap blog yang menerima artikel tamu membuat persyaratan bahwa posting yang dikirim harus asli & orisinil, bukan plagiat dan tidak mempublikasikannya lagi. Hal ini untuk menghindari duplikat konten untuk blog mereka . Jadi, Anda harus mematuhi persyaratan ini . Jangan pernah mengirimkan tulisan yang sama untuk 2 blog atau lebih. Jangan Curang! karena anda sendiri yang akan menerima akibatnya nanti.

6. Buatlah hubungan yang baik dan berkesinambungan

Ramahlah kepada pemilik blog dan buatlah hubungan yang baik. Jadikan pemilik blog sebagai teman anda di socmed twitter, facebook maupun google+. Hal ini diperlukan jika nantinya anda berniat untuk mengirim guest post lagi. Akan mudah bagi guest post anda untuk diterima karena anda adalah "Teman".

7. Buat Jadwal tamu blogging

Yaa, ini untuk yang benar-benar serius mempromosikan blog/bisnis-nya secara gratis. Buatlah jadwal mengirimkan guest post, misalnya 1 bulan sekali. Ini akan sangat baik untuk perkembangan blog anda.

8. Kirimkan Guest Post ke Blog yang berbeda.

Jangan menjadi guest blogger di satu blog saja. Kirimkan juga guest post anda ke blog lain, tentunya dengan posting yang berbeda. Ini bertujuan untuk memperluas promosi anda karena pengunjung setiap situs tentunya berbeda-beda. Dengan ini, anda akan mendapatkan pembaca baru.

9. Guest Blogging di Blog yang Relevan

Jangan pernah mengirimkan artikel anda ke blog yang sama sekali tidak berhubungan dengan topik blog anda. Anda hanya akan mendapatkan pengunjung yang bukan pasar anda. Sama saja hasilnya 0. Misal, jika blog anda membahas tentang gadget, jangan kirimkan guest post anda di blog tentang pertanian.

TRIK DAN STRATEGI

10. Akrab dan Bernegoisasilah dengan Pemilik Blog

Sebelum Anda mengirimkan posting anda , ada baiknya jika Anda melakukan negosiasi dengan pemilik blog. Supaya lebih familiar, santai dan mudah untuk mencapai tujuan anda. Cobalah untuk meminta lebih banyak reward atas guest blogging anda itu. Misalnya, meminta menyisipkan lebih banyak link ke posting anda daripada seharusnya. Namun, jangan terlalu dipaksakan jika itu tidak memungkinkan.

11. Buatlah Konten Berkualitas Tinggi

Yang ini mirip dengan poin 3. Yaa, konten berkualitas adalah kunci dari ngeblog, baik itu di blog orang lain maupun di blog kita sendiri. Semakin berkualitas konten anda, akan semakin mudah anda mencapai kesuksesan guest blogging anda.

12. Buatlah Konten promosi

Membuat konten promosi bukan berarti konten anda isinya hanya iklan. Maksud saya disini adalah anda harus menyisipkan dan memberitahun tentang produk atau blog anda secara implisit. Bukan secara eksplisit. Caranya adalah dengan membuat seolah-olah produk anda itu sangat penting sehingga anda rekomendasikan. Tentunya, produk itu harus benar-benar sesuai dengan topik yang dibicarakan.

13. Prioritaskan tautan posting individu dari link situs.

Hal yang paling lumrah sebagai imbalan guest blogging adalah kita diizinkan untuk menyisipkan link dofollow di artikel tamu kita. Tentu saja ini sangat baik untuk SEO dan meningkatkan Page Rank. Namun, biasanya jumlah link yang bisa disisipkan juga dibatasi. Nah, manfaatkanlah link yang terbatas itu untuk diarahkan ke salah satu posting anda yang relevan di blog. Pembaca akan merasa senang karena anda menawarkan posting lain yang bermanfaat. Dengan ini, otoritas anda di mata pembaca akan meningkat.

14. Buat Paragraf Profil Anda Menarik dan Menjual.

Membuat paragraf profil di guest post adalah hal yang paling penting untuk promosi. Saya akan membahasnya secara khusus di posting lain nanti. Namun, intinya buatlah paragraf yang isinya adalah deskripsi anda sebagai ahli dalam bidang tertentu di blog anda, tentang bisnis yang anda jalani dan penawaran/promosi anda.

Paragraf profil bisa anda letakkan di awal posting maupun di akhir. Anda harus membuatnya sendiri atau menjadikannya bagian dari posting. Karena, kadang-kadang ada pula guest blogger yang hanya memikirkan kontennya saja tanpa elemen promosinya. Sebaiknya, anda juga menanyakan panjang paragraf dan kriteria lainnya yang bisa dituliskan kepada pemilik blog supaya tetap sejalan dengan peraturannya.

15. Tulislah dengan gaya sendiri

Yaa, jadilah diri sendiri lewat gaya penulisan anda. Tak usah membebani pikiran anda dengan gaya-gaya menulis orang lain yang sebenarnya tidak lebih baik dari anda. Hal ini juga sekaligus untuk memperkenalkan gaya ngeblog anda kepada pembaca sebelum mereka akan berkunjung ke blog anda.

16. Jangan berlebihan

Terakhir, Jangan berlebihan. Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik. Ingatlah dalam Al-qur'an-pun ada banyak ayat yang berbunyi "Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang melampaui batas". Yaa, begitupun dalam melakukan semua trik dan strategi diatas. Lakukan dengan sewajarnya dan seoptimal mungkin. Jangan sampai karena anda terlalu berlebihan, justru mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti posting dianggap spam, tidak bermutu, hanya posting promosi dan lain-lain.


Itulah 16 tips-trik yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bisa membantu anda menjadi guest blogger yang baik. Semoga Sukses.

~Muhammad Syakirurohman~





Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

7 Komentar:

  1. banyak juga ya yang mesti diperhatikan untuk menjadi guest blogging, saya masih perlu belajar banyak nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, kita juga disini sama-sama belajar kok :D

      Hapus
  2. jujur..itulah kunci dari semua tips ini...jujur membuat postingan, tidak mencopas postingan orang lain..... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar pak.. Bagaimanapun kita harus tau etika blogger :)

      Hapus
  3. terimakasih infonya om , sangat bermanfaat untuk pemula seperti saya :)

    BalasHapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman