Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Apa itu SEO, SEO Onpage & SEO Offpage ?

Artikel ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar SEO. Berisi tentang pengertian, pengenalan dan istilah-istilah dalam SEO yang sering digunakan.  

SEO -Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesianya Optimasi Mesin Pencari- adalah Semua ilmu, cara, teknik dan metode yang digunakan para webmaster maupun blogger untuk mendapatkan posisi teratas/terbaik di mesin pencari. Alasannya tentu saja karena posisi yang bagus dan muncul di halaman 1 mesin pencari akan mendapatkan banyak kunjungan/klik.

Optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.    -Wikipedia Bahasa Indonesia



SEO sudah menjadi hal yang wajib dipelajari dan dipraktekkan para webmaster maupun blogger karena sangat berhubungan langsung dengan popularitas website/blog.

Ada beberapa istilah yang harus anda ketahui seputar SEO diantaranya :

- SERP (Search Engine Result Page), adalah posisi ranking/peringkat halaman website kita yang muncul dimesin pencari.

- Backlink, adalah link atau tautan dofollow yang dicantumkan di situs lain yang mengarah ke situs kita. Semakin banyak dan berkualitas backlink, maka mesin pencari akan semakin memberikan nilai bagus ke situs kita.

- Link dofollow, adalah link atau tautan yang ketika mesin pencari membacanya saat men-crawl sebuah situs, maka mesin pencari itu akan mengikuti kemana link itu menuju. Website yang dituju oleh link dofollow itu akan menerima reputasi atau penilaian yang bagus dari mesin pencari.

- Link nofollow, adalah link atau tautan yang tidak akan diikuti mesin pencari. Kebalikan dari link nofollow.

- Keyword (Kata kunci), adalah yang kita ketikkan saat mencari sesuatu di mesin pencari. Salah satu teknik SEO adalah dengan membidik dan memenuhi website dengan kata kunci tertentu supaya saat pengguna mengetikkan kata kunci itu, maka yang keluar adalah website kita. 

- SEO Friendly(Ramah SEO), adalah istilah yang digunakan untuk suatu hal/cara/keadaan yang sifatnya ramah atau baik untuk kualitas SEO situs kita.

Berdasarkan Teknisnya, SEO dibagi menjadi 2, yaitu :

1. SEO Onpage

SEO onpage adalah teknik untuk meningkatkan posisi dimesin pencari dengan cara membuat website kita mudah dijelajahi, dibaca dan dimengerti oleh crawler(Robot penjelajah) mesin pencari. SEO onpage dilakukan dengan cara menempatkan kode website dengan tepat, memperkecil loading website dan masih banyak lagi.

2. SEO Offpage

SEO Offpage adalah teknik untuk meningkatkan posisi dimesin pencari dengan cara melakukan berbagai hal yang berpengaruh pada posisi di mesin pencari dari luar website itu sendiri. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menanamkan backlink berkualitas di banyak website.

Sedangkan, jika dipandang dari bagaimana etika melakukannya, SEO dibagi 3 yaitu :

1.  White Hat SEO

White Hat SEO adalah teknik SEO yang dalam melakukannya tidak melanggar aturan-aturan tertentu yang diberlakukan oleh perusahaan pemilik mesin pencari maupun pihak lain yang terkait. Artinya, SEO yang dilakukan dengan berdasarkan aturan, hukum dan etika yang ada. 

2. Black Hat SEO

Black Hat SEO adalah teknik SEO yang dalam pelaksanaanya menghalalkan segala cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Cara-cara ini biasanya melanggar aturan atau etika yang ada. Black Hat SEO berusaha untuk mengelabui mesin pencari untuk menempatkan website di posisi yang bagus, padahal sebenarnya tidak layak. Akhir-akhir ini, Black Hat SEO mulai ditinggalkan karena berakibat di banned-nya website dari index mesin pencari jika ketahuan. Hal ini juga karena Google sebagai mesin pencari terbesar menggencar dan memerangi habis-habisan Black Hat SEO yang menurunkan efektifitas dan akurasi hasil pencariannya.

3. Gray Hat SEO 

Istilah Gray Hat SEO sebenarnya baru muncul belakangan ini. Gray Hat SEO adalah kolaborasi dari White Hat dan Black Hat. Masih menaati aturan dan etika yang ada, tetapi juga melakukan trik-trik tertentu yang tidak biasa.




Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

5 Komentar:

  1. Alexanya harus diperbaiki sepertinya nih gan ....
    salam kenal ^_____^
    Blogwalking ...


    BalasHapus
    Balasan
    1. iya terimakasih sarannya mas, namanya juga masih blog baru nih..
      salam kenal juga :D

      Hapus
  2. terimakasih om infonya , sangat bermanfaat dan berkualitas unuk pemula seperti saya hehehe... :)

    BalasHapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman