Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Ngeblog yang Dulu Bukanlah yang Sekarang

Dulu, ketika saya masih awal-awal ngeblog dengan blog http://syakir-berbagiilmu.blogspot.com, ngeblog identik dengan capek dan frustasi. Ada banyak hal yang menyebabkan itu semua :

  1. Saya masih baru dalam dunia blog sehingga belum mempunyai pengalaman 
  2. Layaknya seorang newbie, semangat saya menggebu-gebu untuk make money blog tanpa dibekali ilmu ngeblog yang cukup sehingga yang ditemui hanya kegagalan.
  3. Belum mempunyai banyak teman blogger.
  4. Belum menguasai satu keterampilan secara mendalam.
Mungkin, seperti itulah gambaran umumnya. Dulu ngeblog adalah sebuah beban. Kadang-kadang saya rindu dengan masa-masa itu. Masa-masa ketika semangat saya benar-benar tinggi. 

Namun, bagaimana pun saya lebih menikmati ngeblog yang sekarang, Alhamdulillah. Semua itu karena berbagai faktor seperti perkembangan skill, Mindset dan tujuan. Dari semua itu, ada satu hal yang paling membuat saya senang. Sekarang saya punya banyak teman blogger dan hampir setiap posting di blog ada komentarnya. Kalau dulu, untuk mendapatkan satu komentar saja bagi saya cukup sulit. Maklum, karena dulu saya memang nggak sering blogwalking.

Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman blogger yang sudah sudi mengomentari posting-posting di blog saya. Special Thanks buat mas +Rizky Mahrizal yang hampir selalu nongol di setiap postingan saya. 

Tanpa komentar-komentar dari kalian, blog ini pasti akan sepi sehingga membuat saya malas posting. 

Jika saya bandingkan dengan blog saya yang sebelumnya, blog ini jauh lebih membuat saya senang. Dulu, untuk mendapatkan 1 komentar saja, satu posting harus sudah memiliki pageviews yang banyak. Namun, di blog ini, Pageviews posting yang hanya baru 5 saja sudah ada komentarnya. 
Suatu kebahagiaan tersendiri buat saya. 

Yang pernah/sering berkomentar, tetaplah seperti itu. Dan yang belum pernah berkomentar, segeralah komentari tulisan saya supaya saya lebih semangat membagikan ilmu yang bermanfaat untuk anda semua. Hehe. 

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. 



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

6 Komentar:

  1. dalam dunia blogging saya memang paling demen blogwalking mas, wajib buat saya, saya paling suka artikel yang sifatnya pesonal tapi tak terlalu personal juga, dan saya paling susah kalau saat berkomentar ketemu postingan tutorial, cerpen, puisi, dn sejenisnya, tapi yang paling bingung kalau saya berkomentar, di postingan tutorial mas, apalagi kalau tutorialnya tersebut sudah ada dari jaman londo rong perang, kalau komentar asal2an, tar d kira junk comment, sedangkan saya paling tak suka komentar junk comment.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya masih agak males-malesan blogwalking hehe

      Hapus
  2. Yang jelas, kalau menjadi blogger yang ramah itu enak, banyak teman dan banyak komentar di blog. Tapi ya sebisa mungkin kita menulis artikel yang bermanfaat di blog, semakin banyak artikel, semakin banyak keyword SE yang bisa nyantol di blog. Karena diakui atau tidak, blogger selalu ingin traffic yang tinggi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar mas.. kita harus menyeimbangkan antara relasi Blogger dan kualitas konten..

      Hapus
  3. Mungkin kebalikan dari diriku mas, sekarang aku malah menyukai kesendirian asal beban di pikirang sudah lepas lewat postingan. Tidak memungkiri memang komentar merupakan senjata apaling ampuh dalam semangat ngeblog. Mungkin diriku typikal orang yang tidak mau mempunyai beban utang, karena setelah komentar masuk secara moral kita seharusnya juga berkunjung balik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalo itu justru seperti saya yang dulu hehe.. benar-benar kebalikan mas.. tapi, apapun caranya, yang penting tujuannya satu : berbagi :D

      Hapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman