Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Keterampilan apa saja yang harus dikuasai Blogger ?

Jika anda adalah seorang blogger -Apalagi blogger pemula- maka anda tepat membaca artikel ini. Di sini saya akan menjelaskan kemampuan apa saja yang harus dimiliki seorang blogger, terutama yang tujuannya adalah bisnis.

keterampilan untuk ngeblog
gambar dari www.businessskilltoday.com

Mengapa ko ngeblog aja harus punya keahlian ?

Yap, pada dasarnya ngeblog itu memang membutuhkan keterampilan. Bahkan bisa dibilang ngeblog adalah keterampilan itu sendiri. Oleh karena itu, anda harus mengetahui kemampuan apa saja yang harus anda miliki untuk ngeblog. Apalagi jika tujuan ngeblog anda adalah untuk mencari uang. Anda wajib memiliki kemampuan-kemampuan dibawah ini yang saya susun berdasarkan prioritasnya :

Skill Dasar

1. Menulis

Apapun tujuan blogging anda, kemampuan dasar dan terpenting yang harus anda miliki adalah kemampuan menulis. Semakin baik kemampuan menulis anda, maka semakin baik pula kemampuan ngeblog anda. Menulis adalah inti dari ngeblog. Bahkan adanya blog adalah karena adanya aktifitas menulis secara online.

Lalu bagaimana dengan orang-orang yang hanya mencopas tulisan orang untuk dipublikasikan lagi di blognya ? pendapat saya, mereka bukanlah seorang blogger. Untuk mereka yang mencopas tanpa menautkan sumber, bahkan saya berani mengatakan bahwa mereka adalah musuh para blogger. Yaaah, merekalah yang merusak esensi blogging menjadi kegiatan yang seolah-olah tidak berseni.

2. Menguasai Platform Blog

Tahu platform blog kan? Platform blog adalah tempat dimana anda ngeblog, misalnya seperti blogger/blogspot, wordpress, blogdetik dan lain-lain. Selain anda bisa menulis, anda juga harus bisa menguasai fitur-fitur platform blog yang anda pakai. Jika anda tidak menguasainya, bagaimana anda bisa mempublikasikan tulisan anda?. Oleh karena itu, pelajarilah platform blog anda dengan mengotak-ngatik, mencoba, dan bertanya pada orang lain.

3. SEO(Search Engines Optimization)

Saya yakin, tujuan anda ngeblog adalah agar tulisan anda dibaca oleh orang lain kan ?.  Maka anda harus menguasai poin ini.

Search engines optimization, atau dalam bahasa Indonesianya adalah optimasi mesin pencari adalah segala cara untuk membuat blog dan tulisan anda ditemukan di halaman pertama(minimal diindex) mesin pencari seperti google, yahoo dan bing.

SEO ini sangat penting. Dalam dunia bisnis online, SEO adalah nyawanya. Tak ada satupun blog bisnis online di dunia maya ini yang tidak melakukan dan menguasai trik-trik SEO.  Lebih jauh lagi, bahkan banyak sekali pakar-pakar SEO yang menawarkan jasa SEO ini kepada para pebisnis internet dengan harga yang cukup mahal.

Oleh karena itu, anda harus mempelajari SEO. Memang agak rumit, pusing dan butuh waktu untuk memahaminya. Pelajarilah SEO di blog-blog yang membahas SEO. Ada banyak sekali blog-blog yang memberikan tips-tips SEO di dunia maya ini. Let's go search it on google dan atau kunjungi blog pusat webmaster google.

Skill Tambahan/Penunjang

Skill tambahan ini cukup diperlukan untuk pengelolaan blog. Dalam hal ini, saya lebih memfokuskan pada skill bagaimana merancang/mendesain blog anda. Perancangan sebuah blog sangat diperlukan untuk membuat pengunjung blog anda tidak jenuh membaca tulisan dan berlama-lama di blog anda. Ini diperlukan jika anda ngeblog untuk bisnis dan anda ingin hemat. Daripada anda harus menyewa jasa desain blog atau membeli tema blog professinal dari orang, lebih baik merancangnya sendiri. Nah, inilah daftar skillnya. Saya urutkan pula dari yang terpenting.

1. HTML

Hypertext Markup Language (HTML) adalah yang terpenting. Tiap blogger harus menguasai bahasa pemrograman ini. HTMl adalah dasar dari pemrograman web. Semua situs diinternet terdiri dari kode HTML. Jangan khawatir, HTML sangatlah mudah untuk dipelajari. Akan saya share tutorialnya nanti, tunggu saja :D. Versi terbaru dari HTML adalah HTML5.

2. CSS

CSS atau Cascading style sheet adalah kode pemrograman untuk menghias blog /situs. Blog Anda akan menarik dan enak dilihat jika menggunakan CSS. Versi baru dari CSS kode CSS3. Silahkan baca posting saya tentang pengenalan CSS dan bagaimana menggunakannya untuk lebih lanjut.

3. Adobe Photoshop

Saya yakin, Anda sudah tidak asing dengan yang satu ini, atau bahkan Anda telah menguasainya. Adobe photoshop adalah perangkat lunak untuk mengedit foto atau gambar. Perangkat lunak ini diperlukan untuk merancang blog Anda. Anda memerlukan ini untuk membuat gambar banner, logo dan lainnya untuk blog. Adobe photoshop 'bekerja sama' dengan kode css untuk membuat desain keren untuk blog.

4. XML

Kode XML hanya dipakai di blog yang menggunakan blogger/blogspot . Bagi Anda yang tidak menggunakan blogspot, xml tidak perlu dikuasai.
Sebenarnya ini bukanlah bahasa pemrograman. XML (Extensible Markup Language) adalah metabahasa yang memungkinkan pengguna untuk menentukan bahasa markup yang disesuaikan. XML dirancang untuk mengangkut dan menyimpan data. XML di blogspot yang digunakan untuk mengambil data Anda dari database (pusat data google) untuk dieksekusi di blog Anda.

5. Jquery

Jquery merupakan bagian dari javascript. Jquery adalah temannya CSS. mereka saling melengkapi. Jquery untuk efek-efeknya, sedangkan css untuk warna dan hiasan lainnya. Untuk menggunakan Jquery Anda harus terlebih dahulu harus intall Jquery di situs Anda atau memanfaatkan file jquery di hosting situs lain.

6. Corel Draw

Sebenarnya ini mirip dengan adobe photoshop. Ini adalah perangkat lunak untuk merancang juga. Hanya saja, corel draw lebih untuk menggambar / membuat gambar.

7. Javascript

Javascript digunakan jika Anda ingin blog Anda lebih interaktif. Anda dapat membuat fungsi dengan kode. javascript biasanya digunakan oleh blogger yang ingin blog mereka lebih menarik. Javascript yang paling sering digunakan diu blog adalah Jquery.

8. PHP

Hypertext Preprocessor (PHP) banyak digunakan untuk keperluan umum bahasa scripting yang pada awalnya dirancang untuk pengembangan web untuk menghasilkan halaman web dinamis. PHP hanya digunakan di blog wordpress(tentunya wordpress self hosting) atau blog lain yang mendukung kode php.

9. Database/Basis Data

Database sangat berhubungan dengan php. Php membuat halaman web dinamis dengan data dari database. Hal ini juga sama, hanya untuk wordpress blog (self hosting). Anda dapat membuat fungsi baru untuk blog Anda dengan database dan kode php untuk berfungsi dalam blog.

10. Adobe Flash

Ini adalah lanjutan dari skill web desain. Ini adalah perangkat lunak untuk membuat animasi untuk blog Anda. Yaah, Software ini membuat blog Anda lebih menarik dengan animasi.

Itulah 10 skill tunjangan yang bersangkutan dengan aktifitas ngeblog. Untuk mempelajari bahasa-bahasa pemrograman diatas silahkan kunjungi web w3schools.com. Web ini menyediakan tutorial-tutorial bahasa pemrograman  dengan penyajian yang sangat sederhana, bertahap dan mudah dipahami walaupun memakai bahasa inggris. Sedangkan untuk skill desain gambar, silahkan kunjungi web ilmugrafis.com. Web ini menyediakan tutorial-tutorial desain multimedia secara lengkap dalam bahasa indonesia.

Nah itulah kemampuan-kemampuan untuk ngeblog yang harus anda kuasai supaya ngeblog anda optimal. Saya tunggu komentar anda. Semoga bermanfaat dan Happy Blogging :)




Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

1 Komentar:

  1. jadi narablog copas juga btuh ketrampilan, ketrampilan memilah dan memilih arikel yang sekiranya dapat mendatangkan pengunjung.
    #Rizkyzone.com

    BalasHapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman