Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Manfaat dan Seberapa Penting Guest Blogging untuk Promosi Blog

Di artikel sebelumnya, saya pernah menjelaskan tentang Pengertian Guest Blogging. Beberapa dari anda mungkin sudah paham benar tentang Guest Blogging ini. Tapi, posting ini sengaja saya buat untuk para pemula di dunia blog.

Nah, kali ini saya akan menjelaskan tentang manfaat apa saya yang bisa anda dapatkan ketika anda menjadi Blogger tamu di sebuah Blog. Semuanya berdasarkan pengalaman dan pemikiran saya karena saya pernah 2 kali menjadi blogger tamu di blog isnuansa.com.



Di bawah ini adalah beberapa manfaat dan mengapa ngeblog tamu itu penting.

1. Membuat hubungan baik dengan Blogger lain

Guest Blogging merupakan salah satu model dari strategi "win-win solution", yaitu strategi yang saling menguntungkan. Ketika anda mengirim artikel tamu yang berkualitas & original ke sebuah blog, sang pemilik akan senang karena mereka merasa diuntungkan dengan kehadiran posting anda. Hal ini dapat menjadi awal dari persahabatan. Persahabatan dan silaturahmi dalam dunia blog itu sangat penting.
Anda akan mudah meminta tolong, menambah wawasan dan bahkan membuat kerja sama bisnis dengan blogger lain karena silaturahmi ini.

2. Memperluas jaringan anda

Ketika anda semakin banyak membuat hubungan dengan orang lain, maka anda sedang memperluas jaringan anda. Luas tidaknya jaringan adalah hal vital dalam sebuah bisnis. Semakin luas jaringan anda, maka anda akan mudah untuk mendapatkan konsumen.

3. Backlink yang berkualitas

Sekitar 80% faktor SEO sebuah situs adalah dari kualitas dan jumlah backlink. Nah, menjadi seorang guest blogger adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Dalam aktivitas guest blogging, backlink bisa dibilang sebagai upah untuk blogger tamunya. Namun, hati-hatilah dalam memburu backlink dalam guest blogging. Jika artikel tamu yang anda kirim adalah artikel tidak berkualitas alias spam, dan dikirim pada blog yang tidak berkualitas juga, backlink tadi akan menjadi bumerang bagi anda. Kemungkinan besar bisa berefek pada penurunan SEO blog anda. Dan yang terburuk, anda bisa saja di banned google karena hal itu.

4. Audiens/pengunjung baru  

Saat anda menjadi guest blogger di sebuah blog, anda sedang memperkenalkan blog anda. Hal ini akan menarik pengunjung baru pada blog anda. Semakin berkualitas artikel tamu yang anda, maka akan semakin banyak dan loyal pengunjung baru ke blog anda. Anda akan mendapatkan citra yang baik karena hal ini.

5. Meningkatkan Otoritas dan Brand

Dengan guest blogging, anda akan dilihat oleh orang lain bahwa anda memanglah seorang blogger yang banyak memberikan manfaat. Dengan ini, anda akan mempunyai otoritas yang baik dimata mereka. Otomatis Brand produk anda (jika memang ada) akan ikut naik pula.

Sedikit Tips dan Kesimpulan

5 poin diatas menjelaskan bahwa guest blogging sangatlah bermanfaat. Saya pikir, anda harus memulai dan mencobanya. Jangan pernah berpikir bahwa anda kehilangan posting anda dan merasa akan rugi. Bagaimanapun itu tetap posting milik anda. Bahkan, jika anda menjadi blogger tamu di blog terkenal, posting anda akan lebih banyak dibaca ketimbang jika diposting di blog sendiri. Dan itu sangat menguntungkan bagi anda. Sebelum ke penutup, ada beberapa tips yang harus anda ketahui sebelum menjadi Guest Blogger.

- Pelajari lebih banyak tentang Guest Blogging. Ketik keyword "Guest Blogging" di google, maka akan ada banyak sekali tips dan info seputar Guest Blogging.
- Jangan sungkan bertanya pada blogger yang sudah sukses karena Ngeblog Tamu.
- Buatlah jadwal untuk melakukan Guest Blogging, misalnya satu bulan satu artikel.
- Berusahalah untuk jadi blogger tamu di blog terkenal. Walaupun mungkin diawal-awal akan ditolak, jangan pernah putus asa. Karena biasanya pemilik blog terkenal menolak sebuah artikel tamu disertai dengan alasan dan apa saja yang kurang dari artikel anda. Dengan itu anda bisa jadi lebih baik.

Nah, untuk tips lebih lanjutnya, nantikan posting saya selanjutnya. Insyaalah diminggu ini akan saya terbitkan. Jangan dilewatin yaah. Semoga Bermanfaat

~Muhammad Syakirurohman~




Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

4 Komentar:

  1. di blog saya juga menerima guest post loh mas ckckckck, bagi yang berminat saja sih, apalagi kalau guest postnya di blog terkenal, ikutan nambah trafik lah, soalnya saya juga pernah jadi guest post. #Rizkyzone.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah hebat dong mas. saya juga pernah 3 kali jadi guest blogger. Alhamdulillah ketiganya di blog yang cukup terkenal :D. 2 kali di isnuansa.com dan 1 kali di tutorial-webdesign.com

      Hapus
  2. mantap bro,,, salam kenal dan dimana kita mesti mengunjugi blog2 itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung topiknya mas, sialhkan aja cari di google dengan topik yang dituju, yang muncul paling atas biasanya itu yang terbaik.

      Hapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman