Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Warning! Berhati-hatilah dalam Belajar SEO

Sebagai seorang Blogger tentunya anda familiar dengan kata SEO. Yaa, SEO (Search Engines Optimization) adalah Segala cara atau teknik yang dilakukan Blogger/Webmaster untuk membuat website/Blog-nya Tampil di halaman pertama mesin pencari seperti Google, atau setidaknya diindeks.

Saya yakin, semua Blogger maupun Webmaster pada perjalanan ngeblognya selalu mencari cara agar Web/Blognya diindex dihalaman pertama mesin pencari, terutama Google. Mereka membaca artikel-artikel di blog para Ahli SEO untuk mendapatkan tips-trik baru.

Namun, dalam artikel ini saya akan mengatakan dengan tegas bahwa BERHATI-HATILAH DALAM BELAJAR SEO. Maksudnya, Berhati-hatilah dalam mencari dan membaca artikel-artikel tentang SEO.

Mengapa ?

Algoritma Google panda


Dalam beberapa tahun terakhir, paradigma tentang SEO selalu berubah dengan cepat. Tidak semua tips-trik SEO yang anda pelajari itu benar. Bahkan, beberapa justru menjebak anda. Strategi SEO tahun lalu jelas akan berbeda dengan Strategi SEO tahun ini. Sedangkan anda selalu dituntut untuk terus belajar.

Oke, untuk lebih jelasnya, saya akan ambil contoh lewat kasus dilapangan yaitu mengenai hal yang selalu menjadi topik hangat para blogger : Algoritma Google Panda. Inilah yang paling sering dibicarakan pada SEO jaman sekarang. Tak heran, karena ini berkaitan dengan mesin pencari terbesar di dunia, Google. Blogger dibuat kewalahan dengan adanya dan selalu bergantinya Algoritma Google Panda ini.

Google Panda bertindak seperti Polisi SEO Google untuk menghindari teknik-teknik Black hat SEO yang memang merugikan. Namun, karena Google Panda hanyalah robot, pada kenyataannya ada beberapa White hat Webmaster yang juga kena imbas Google Panda ini.

Google Panda sangat sensitif dan memberi perhatian serius pada strategi SEO paling ampuh dan sangat berpengaruh : Link Building. Teknik Link Building ini adalah teknik yang dilakukan para blogger/webmaster untuk menanamkan link di situs apapun untuk meningkatkan ranking di hasil pencarian. Link Building adalah teknik yang legal dan semua orang sudah tahu. Semua website terkenal didunia menggunakan teknik ini untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari.

Namun, yang jadi masalah adalah bagaimana kita melakukannya, bagaimana kita menerapkannya. Google Panda sangat kejam pada situs-situs yang dioptimasi dengan cara link building spam. Artinya, situs yang pemiliknya menaruh link secara tidak natural, sekaligus banyak dalam satu waktu, atau di simpan pada web-web yang sudah terdeteksi webspam oleh Google. Alhasil, adalah wajar jika situs-situs seperti itu di deindex oleh google (Tidak tampil lagi di mesin pencari Google).

Sementara Algoritma Google terus berubah, masih banyak orang-orang yang mengaku pakar SEO justru masih mengajarkan teknik link building spam itu. Itu hanya contoh dari beberapa pelajaran menyesatkan lainnya. Nah, untuk menghindari semua itu, berikut ini adalah rambu-rambu dan beberapa tips dalam belajar SEO :

Hal yang Harus Anda Hindari

1. Belajar SEO lewat forum

Jangan Belajar SEO lewat Forum!!. Kenapa? karena kebanyakan orang di forum tidak tahu benar-salahnya apa yang mereka katakan. Informasi di forum kurang bisa dipercaya karena siapapun dapat mengatakan statement-statementnya sendiri. Kecuali, jika anda memang tahu betul otoritas yang menulis post di forum itu.

2. Belajar SEO lewat Blog yang tidak terpercaya.

Ada banyak sekali blog yang membahas tentang SEO. Sebelum anda belajar disana, perhatikan dulu siapa penulisnya dan bagaimana popularitasnya di mesin pencari. Blog yang tidak terpercaya biasanya terlihat juga dari cara penulisan kontennya, desain blog dan masih banyak lagi.

Tips dan Solusi 

Nah, lalu bagaimana anda bisa mendapatkan informasi yang benar-benar akurat tentang SEO ? Berikut ini yang saya rekomendasikan.

1. Belajar SEO di Blog pusat Webmaster tiap mesin pencari

Ini yang paling saya rekomendasikan!!. Belajarlah di blog resmi pusat webmaster mesin pencari. Tidak mungkin mereka memberi informasi yang menyesatkan kepada para pengguna mesin pencarinya. Untuk Google, anda bisa baca tips-tipsnya di Google Webmaster Central Blog, dan untuk Bing anda bisa baca di Bing Blogs
Memang, keduanya berbahasa inggris. Jika kurang mengerti, ada google translate!.

2. Belajar SEO pada orang yang benar-benar ahli

Kunjungilah Blog-blog SEO para ahli. Anda bisa menilai ahli atau tidaknya seseorang dari popularitasnya di mesin pencari, banyaknya komentar, jasa yang mereka berikan, cara mereka menulis dan sebagainya. Biasanya informasi yang diberikan para ahli tidak akan jau beda dengan informasi di blog pusat mesin pencari. Berikut ini adalah beberapa blog yang saya rekomendasikan untuk anda baca :
Nah, itu saja dari saya. Selamat Belajar. Semoga Bermanfaat :)

~Muhammad Syakirurohman~

Follow my blog with Bloglovin



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

7 Komentar:

  1. Klo belajar seo di blog ini dipercaya gak yah ? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di blog ini saya ga akan terlalu banyak ngebahas SEO mas, kalo ada juga paling hasil nulis ulang dari blog lain yang emang udah terpercaya :D

      Hapus
  2. kalau saya sih percaya saja sama blog saya toh pada dasarnya setiap emesin blog aada pengaturan apakah blog mau di index atau nggak, saya juga nggak terlalu paham soal seo mas. #Rizkyzone.com

    BalasHapus
  3. Kenapa peringkat Alexa saya turun jadi 21 juta lebih? Apa yg salah? Tolong kasih infonya. Salam kenal dan makasih mas.
    royanah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal yang paling umum adalah karena disebabkan jarang update dan karena pengunjungnya turun juga.

      Hapus
  4. Trims atas tipsnya
    Tips yang menarik..
    Yang menyarankan belajar pada situs" terpercaya

    BalasHapus
  5. ane berharap bisa Menjadi Ahli SEO dan Pakar Seo Indonesia no #1 di indonesia hehe... doakan ya...

    BalasHapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman