Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Ngeblog bukanlah beban, Ngeblog adalah hobi

Dulu, tepatnya tahun 2011 akhir saya pertama kalinya mengenal blogger dari teman saya. Waktu itu saya baru kelas 10 SMK, Saya belum tahu apa-apa, yang jelas waktu itu teman saya memberitahu bahwa kalau blognya terkenal, bisa menghasilkan uang dengan cara memasang google adsense dan atau memasang iklan-iklan lainya di blog.

Kedengarannya sangat mudah. Jadi, waktu itu saya jadi bersemangat dan ingin segera punya blog. Dan disitulah awal saya menjadi seorang blogger. Blog pertama saya yaitu syakir-duniaislam.blogspot.com, membahas tentang seluk beluk islam. Walaupun belum tahu apa-apa, saya tetap bersemangat dengan harapan bisa terkenal. Sekitar bulan kedua saya mulai jenuh karena pengunjungnya sedikit sekali. Lalu saya buat blog kedua yaitu syakir-berbagiilmu.blogspot.com tentang ilmu sekolah, dan umum. Di blog ini saya bertahan cukup lama dan pengunjungnya pernah mencapai 2000+ perhari.

Namun, ternyata blog saya itu malah kenal google panda. Pengunjungnya jadi turun drastis. Dan disitu saya galau lagi. Lalu saya buat blog baru lagi yaitu syakirurahman.blogspot.com yang membahas tentang cara-cara ngeblog dengan bahasa inggris. Namun, cuma beberapa bulan ditinggalkan lagi. Yang ini karena saya sibuk di sekolah sebagai ketua osis dan juga tugas yang semakin numpuk.

Ada sebuah catatan khusus ketika saya ngeblog dengan ketiga blog diatas. Saat mengelola semua blog itu, tujuan saya semuanya adalah bisa dapat uang dari blog tanpa diimbangi dengan ilmu, waktu luang saya, dan kemampuan saya. Yaa, jadi yang ada gagal terus. Dan yang paling saya sesali adalah saya membebani diri sendiri dengan tujuan saya itu. Kenapa beban ? yaa, karena saya sebenarnya belum begitu hobi ngeblog, terutama saat mengelola 2 blog pertama.

Sampai artikel ini ditulis, mindset saya tentang ngeblog sudah berbeda. Sekarang tujuan ngeblog saya yang paling utama adalah sharing ilmu tentang ngeblog dari pengalaman saya sendiri selama hampir 2 tahun dan juga tentang ilmu pemrograman web yang saya dapat disekolah. Terkenal dan uang bukan tujuan utama sekarang. Dan yang terpenting sekarang saya sudah benar-benar terobsesi dan hobi dengan aktifitas ngeblog ini. Jadi, apapun hasilnya, saya pasti tetap enjoy, karena toh saya cuma menyalurkan hobi, mencurahkan pikiran dan pendapat saya di blog ini.

Blog ini masih baru, dan saya beranikan untuk mengurusnya karena saya sudah kelas 3. Di kelas 3 ini saya sudah mau lengser dari jabatan ketua osis. Walaupun nanti akan disibukkan ujian, tapi saya rasa memegang tanggung jawab sebagai ketua osis lebih berat daripada menghadapi ujian.

Kesimpulannya, ngeblog lah dengan sesuka hati. Ga usah dijadikan beban, Karena memang pada dasarnya ngeblog sekedar hobi. Dan yang terpenting harus bisa menyisihkan waktu luang untuk mengurusnya n_n.

Sekian

~Muhammad Syakirurohman~


Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

3 Komentar:

  1. Seorang teman saya gan? mangsudnya sapa ya? hahahaha

    BalasHapus
  2. Ente Hoo hahah, desain na alus teu gal ? :3

    BalasHapus
  3. kalau geblognya dah jadi hobbi Insya Allah ngeblognya pun juga dari hati, banyak narablog2 sekarang ngeblog bukan jd hobby, baru belajar ngeblog saja targetnya dah gede, cepet terindex google dan punya banyak visistor, ketika visitor dah banyak, turun sedikit saja dah seperti orang kebakaran jenggot, begitu juga kalau blognya deindex

    BalasHapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman