Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Cara Embed Spreadsheet Excel pada Halaman Web

Ketika kita menulis sebuah artikel, mempresentasikan data dalam sebuah form kadang-kadang menjadi hal yang penting. Hal ini akan berguna untuk merepresentasikan data statistik atau analisis. Saat ini, kebanyakan dari kita menggunakan software spreadsheet seperti Microsoft Office atau Google Docs untuk perhitungan data dan manipulasi, tetapi hanya menggunakan tabel atau bahkan gambar ketika mempresentasikan data secara online. Nah kali ini, saya akan menunjukkan bagaimana menyisipkan Lembar kerja Excel dan Google Spreadsheets pada sebuah halaman web.

Meng-Embed Lembar Kerja Excel

Microsoft Excel adalah salah satu software spreadsheet terbaik. Dan salah satu hal yang membuatnya lebih baik adalah anda bisa menggunakan versi online-nya dengan fitur lengkap di office.live.com. Jika Anda ingin menyisipkan sebuah lembar kerja excel, maka bukalah office.live.com, dan buatlah workbook kosong baru. Masukkan beberapa data di dalamnya. Anda juga dapat meng-copy-paste data dari file Excel anda ke dalamnya. Namun, perlu diingat bahwa anda harus mempunyai akunnya dulu untuk login.

Sekarang, buka File >> Share >> Embed >> Generate HTML.

Embed Excel online


Excel online memungkinkan anda untuk menanamkan hanya beberapa cells yang anda pilih saja, sehingga Anda tidak perlu menanamkan seluruh spreadsheet. Excel online juga menyediakan segudang pilihan untuk anda saat meng-embed lembar kerjanya. Bahkan, anda juga bisa memasukkan link download di lembar yang di-embed.

Pilihan saat mengembed spreadsheet

Anda bisa melihat contoh lembar kerja yang sudah di-embed dibawah ini :

Meng-embed dari Google Docs

Jika Anda lebih suka menggunakan Google Docs, maka anda dapat dengan mudah menyisipkan lembar kerja google di situs web anda. Anda bisa buka spreadsheets.google.com untuk membuat spreadsheet online dengan Google Docs. Klik Create >> Spreadsheet. Sekali lagi, masukkan data yang anda inginkan, atau copy / paste dari sebuah spreadsheet yang sudah ada. 

Setelah itu, buka File >> Publish To The Web, maka anda akan melihat pop-up seperti dibawah ini :

Embed lembar kerja excel dari Google Docs

Klik Start Publishing untuk mendapatkan kode embed HTML-nya.


Mungkin tidak serapi yang pertama, tapi ini cukup praktis untuk anda gunakan.

Semoga bermanfaat.
Artikel ini diterjemahkan dari : http://www.mybloggertricks.com/2014/05/embed-spreadsheet-on-webpages.html

~Muhammad Syakirurohman~



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com
Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman