Blogroll

Layanan Webhosting Murah

Mana yang Lebih Baik ? Blogger atau Wordpress ?

Jika anda ingin membuat sebuah blog baru, dan bingung menentukan pada platform apa anda ngeblog, anda tepat sekali membaca artikel ini. Di sini saya akan membandingkan 2 plaform blog paling populer secara objektif. Anda tinggal memilihnya sesuai kebutuhan dan keinginan anda.
Hati-hati lho! tahapan memilih platform ini cukup penting untuk anda perhatikan. Hal ini menyangkut pada seberapa betah anda ngeblog nantinya.
Blogger dan wordpress adalah platform blog yang paling terkenal yang bersaing satu sama lain. Berdasarkan usia, Blogger lebih tua dari wordpress. Blogger diciptakan oleh Pyra Labs, dan dirilis pada 23 Agustus 1999 sebelum akhirnya diakuisisi oleh google pada tahun 2003. Sementara, Wordpress dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan dirilis pada tanggal 27 Mei 2003. Sampai saat ini, Keduanya adalah platform yang paling banyak digunakan oleh blogger.

Di sini, kita akan berbicara tentang perbandingan antara Blogger dan Wordpress. Saya akan menjelaskan Kelebihan dan kekurangannya masing-masing seobjektif mungkin.

Blogger vs Wordpress

Blogger / Blogspot

Keuntungan:

- Blogger sangat mudah untuk dikelola dan dipahami oleh pemula sekalipun. Anda dapat memahami fitur-fiturnya dalam beberapa jam saja setelah mencoba memakai Blogger.

- Blogger menyediakan banyak gadget-gadget keren untuk blog anda. Ada 100+ gadget mengagumkan yang menunggu anda. Anda dapat menambahkannya di bagian menu “Layout” atau “Rancangan”. Anda dapat menempatkannya di bagian blog manapun yang anda suka sesuai dengan layout blog anda. Dan yang paling penting, semuanya gratis.

- Anda tidak perlu memikirkan bandwidth, back-up data, atau kapasitas harddisk/memori untuk penyimpanan data website anda. Blogger tidak terbatas!. Hanya gambar dan video yang Anda upload di blog yang mengurangi kapasitas. Setiap 1 akun blogger memiliki penyimpanan 1000MB untuk gambar dan video. Semua data anda tersimpan dengan sangat aman di Google Data Center.

- Anda dapat mengubah desain blog/template sesuka hati baik dengan maupun tanpa menyentuh kode. Anda dapat men-download template gratis di beberapa website yang disediakan, seperti Btemplates.com dan templatedeluxe.com.

- Nama Domain tiap blog blogger adalah namadomain.blogspot.com. Tapi Anda bisa mengubahnya menjadi nama domain anda sendiri (tanpa .blogspot), Contoh: namadomain.com. Tentunya, Anda perlu membelinya dulu. Blogger menawarkan pembelian domain sebesar $10 per tahun.

- Blog Blogger secara otomatis akan disubmit pada mesin pencari google. Anda tidak perlu mengirimkan secara manual seperti blog lainnya. Bahkan, mungkin blog Anda akan diprioritaskan dalam mesin pencari karena blog Anda adalah produk Google. Jadi, SEO untuk blog blogspot lebih mudah.

- Blog Blogspot sudah terintegrasi dengan adsense. Karena, adsense adalah salah satu fitur di blogger. Jadi Anda bisa mendapatkan uang dari blog Anda dengan adsense jika Anda memiliki akun google adsense. Tapi, mendapatkan akun adsense bukanlah sesuatu yang mudah jika blog anda terlalu baru dan tidak memenuhi syarat.

- Blogger adalah milik Google. Jadi jika Anda memiliki masalah dengan blog Anda, Anda dapat dibantu oleh web support.google.com yang berisi pemecahan lengkap untuk semua produk google. Anda juga dapat mendiskusikan tentang produk google di forum produk google.

Kekurangan:

- Blog Anda berada di bawah pengawasan google. Blog Anda (terutama jika masih menggunakan domain: namadomain.blogspot.com) akan dibanned dihapus dengan mudah jika melanggar kebijakan dan privasi Google. Kebebasan Anda terbatas.

- Anda tidak dapat memindahkan data-data Anda ke hosting sendiri. Blogger tidak menyediakan fitur untuk berpindah hosting. Anda hanya bisa mengimport data posting anda dalam bentuk file .xml jika ingin berpindah hosting dan itupun berarti anda harus berpindah platform, misalnya pindah ke wordpress. Jadi, Anda tidak dapat mengelola dan mengontrol data anda sesuka hati karena semuanya berada di google data center.

- Fitur di blogger tidak selengkap wordpress. Blogger tidak menyediakan plugin untuk diinstal. Jika Anda ingin menginstal gadget canggih untuk blog Anda, biasanya Anda harus membuatnya sendiri.

- Template Blogspot tidak seprofesional template wordpress. Mungkin, itu karena blogger membatasi pengguna untuk mengedit / memodifikasi template. Blogger hanya mendukung kode CSS dan HTML untuk mengedit template.

WordPress

Ada 3 macam blog WordPress. Pertama, Blog wordpress gratis di wordpress.com. Kedua, Blog wordpress berbayar atau pro yang merupakan upgrade dari wordpress gratis di wordpress.com juga. Dan yang terakhir adalah blog wordpress dengan hosting sendiri (Self hosting). Blog wordpress self hosted hanya memanfaatkan wordpress sebagai CMS (Content Management System) atau software untuk membangun situs. CMS wordpress untuk self hosted dapat di download di wordpress.org. Domain dan hosting dibeli dari layanan web hosting selain wordpress.

Sebenarnya saya agak sedikit bingung mana yang harus dibandingkan. Namun, saya akan membandingkannya sekaligus. Sebab, pada dasarnya ketiganya adalah sama, hanya berbeda di hosting dan sedikit fiturnya saja. 

Keuntungan:

- Mesin Wordpress sangat canggih. Dikembangkan oleh tim profesional wordpress dan selalu terupdate. Versi terbaru CMS wordpress untuk self hosted adalah 3,6 yang dirilis beberapa bulan yang lalu. Dan yang paling penting adalah GRATIS.

- (Wordpress Hosting sendiri) Tema wordpress biasanya dirancang sangat profesional dan mengesankan. Perusahaan Wordpress menawarkan banyak tema di situs webnya (wordpress.org). Bahkan, Anda dapat men-download tema lainnya di website lain secara gratis. Ada banyak situs yang menyediakan tema wordpress gratis, salah satunya adalah Jauhari.net.

- (Wordpress Hosting sendiri) Wordpress memiliki banyak fitur dan layanan. Wordpress juga menyediakan banyak plugin gratis untuk dipasang di blog Anda. Ada ribuan plugin dan gadget yang disediakan. Itu akan membuat blog Anda lebih menarik. Selain itu, anda juga bisa membeli plugin berbayar untuk fitur yang lebih professional.

- (Wordpress Hosting sendiri) Mesin Wordpress open source atau gratis. Jadi, anda bisa menghapus semua keterbatasan di wordpress dan memodifikasi sesuka hati. Tentunya, Anda harus menguasai bahasa pemrograman yang digunakan oleh wordpress. Blogger dukungan PHP, MYSQL, CSS dan HTML.

- Wordpress.com menyediakan ruang penyimpanan 3072mb untuk setiap akun gratis. Itu sangat besar. Namun, jika Anda meng-upgrade akun wordpress untuk pro. Ruang penyimpanan Anda akan menambahkan setidaknya 10GB (sebesar $20 per tahun). Bahkan, jika Anda membeli paket wordpress bussines ($ 299 per tahun), space anda tidak terbatas. Untuk blog wordpress di hosting sendiri, Itu tergantung pada hosting yang anda beli.

- Untuk Wordpress di hosting sendiri, data anda sepenuhnya dikelola dan dikendalikan oleh Anda. Kebebasan anda tidak terbatas. Untuk blog wordpress Pro, data Anda terjaga dengan aman dan tidak akan ada penghapusan blog walaupun tim wordpress tetap mengetahui data-data anda.

- Blog wordpress terlihat lebih profesional (terutama dalam desain) dibandingkan blog yang menggunakan platform selain wordpress.

Kekurangan:

- CMS Wordpress lebih sulit untuk dipahami bagi pemula. Hal ini karena wordpress memiliki fitur yang banyak yang mungkin membingungkan untuk pengguna pemula.

- Blog wordpress gratisan di wordpress.com tidak bisa dipakai untuk make money blog. Jika Anda mencoba untuk memasang iklan di blog wordpress gratis, hal ini melanggar TOS wordpress dan blog anda akan dihapus. Anda harus meng-upgrade blog anda jika ingin dipakai untuk bisnis. Jadi, tidak ada kata gratis di blog wordpress jika tujuan ngeblog anda adalah untuk bisnis.

- Wordpress bukanlah produk google. Jadi jika Anda ingin melakukan SEO untuk blog Anda (SEO google) Anda harus mengirimkan blog Anda secara manual. Tidak seperti Blogspot yang otomatis.

- Meskipun CMS worpdress gratis, namun jika tujuan ngeblog anda adalah bisnis, Anda harus menghabiskan uang anda dulu. Apakah itu untuk upgrade ke pro atau untuk membeli hosting sendiri. Anda juga dituntut untuk membeli tema, plugin atau fitur untuk membuat blog Anda lebih profesional.

Kesimpulan

Nah, Sekarang apa pilihan anda? pertimbangkan dengan hati-hati agar Anda tidak akan menyesal nantinya. Ya, saya serius. Jangan hanya melihat mana yang lebih banyak kelebihannya, Tapi Pikirkan juga, apakah cocok dengan kondisi Anda, waktu, keterampilan, minat dan mungkin dengan keuangan Anda?

Jika anda bersedia dan punya lebih banyak waktu, tidak ada salahnya untuk mencoba keduanya dulu. Karena kelebihan dan kekurangan yang saya jelaskan diatas mungkin belum lengkap.
Kalau dari saya pribadi, saya lebih memilih blogger karena kemudahannya dan gratis. Toh, saya juga tidak bertujuan menjadikan blog sebagai tempat untuk bisnis besar. Menurut saya, jika ingin menggunakan blog dengan tujuan bisnis yang cukup besar, menggunakan wordpress self hosted dan wordpress pro adalah pilihan yang tepat.

Nah, jika anda sudah menentukan pilihan, saya punya beberapa tips untuk anda. Meskipun sederhana, tapi mudah-mudahan bermakna ..

- Apapun yang Anda pilih, Jika Anda baru mendengar kedua alat ngeblog di atas, carilah informasi dan tutorial mengenai keduanya. Ada ribuan informasi mengenai keduanya di luar sana. Beberapa tutorial mungkin dapat anda temukan di blog ini. Untuk blogger, buzz.blogger.com adalah blog resmi yang berisi tentang informasi seputar blogger. Sementara, untuk wordpress, wordpress.org adalah website utama wordpress self hosted yang berisi kumpulan tema, tutorial, plugin dan sebagainya.
Akan lebih baik jika anda mengeksplorasi dan melakukan penelitian sendiri.

- Apapun yang Anda pilih, konsistenlah dan jangan berubah-ubah untuk bermigrasi ke alat-alat lain. Nikmati dan terima semua fitur yang anda. Bermigrasi ke alat-alat lain yang berarti Anda mulai membangun kembali blog anda. Meskipun anda bisa mengimport semua postingannya, namun anda akan kehilangan pengunjung yang sebelumnya sudah anda dapatkan.

- Apapun yang Anda pilih, itu bukanlah faktor yang utama untuk menjadi blogger professional dan sukses. Sesuatu yang menentukan Anda untuk menjadi profesional kerja keras. Anda bahkan bisa menjadi profesional tanpa dua di atas, jika anda memiliki usaha. Jadi, jangan terlalu terpaku oleh alat. Memikirkan tentang perencanaan dan apa yang Anda lakukan setelah itu adalah hal yang lebih penting.

Oke, itu saja dari saya... Bagaimana menurut Anda? Selamat ngeblog :)

~Muhammad Syakirurohman~



Terima pemberitahuan update artikel ke email anda!

Delivered by FeedBurner

Dilarang menyalin artikel tanpa sumber!

DMCA.com

6 Komentar:

  1. yang jelas blogger tak bisa di sejajarkan dengan wordpress self host, bloggr hanya bisa desejajarkan dengan wordpress.com karena sama menggunakan subdomain, cuma kalau di adu dengan wordpress.com, si blogger menang telak mas. #Rizkyzone.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar mas.. saya setujuu kalo memang tujuannya untuk bisnis.. Tapi saya rasa akan lebih tepat pakai blogger kalau masih pemula dalam dunia blog

      Hapus
    2. Setuju banget, WordPress.com dan self-hosted memang jauh berbeda dan jauh lebih lengkap fitur yang bisa kita pakai untuk yang slef-hosted.

      Kalau untuk pemula sekalipun saya akan menawarkan WordPress. Kenapa? Karena kita pasti berkembang, tidak selamanya kita jadi pemula. Dan satu saat nanti kita pasti ingin menjadikan blog sumber income, sekalian aja dari awal pakai WordPress, biar nggak balik lagi belajar saat yang kita butuh adalah berakselerasi dalam bisnis :)

      Hapus
    3. Wah waah, ternyata kebanyakan emang pada betah di wordpress yah daripada blogger, walaupun saat ini saya masih betah di blogger hehe :D

      Hapus
  2. saya sudah coba kesuanya, dan akhirnya pakai wordpress hehe
    kenapa saya pakai wordpress? beberapa alasannya adalah:

    1. memudahkan pengunjung untuk berkomentar (buat yang suka blog nya dikomentarin) tinggal isi nama, email, URL langsung post. jujur saya kadang ngedumel klo mau komen di blogspot yang gak bisa pake nama&URL

    2. wordpress banyak pengembang dan support nya. banyak pugins nya, hampir setiap keterbatasan yang ada bisa dicari solusi dari plugins buatan orang

    3. ringan, walaupun udah di install macem2 tetap page load itu bisa dihitung berapa KB (misal ada 10 gambar jadi 100KB) jadi bisa diitung berapa detik tiap halaman kebuka. entah kenapa blogspot ada yang aneh. klo udah customize jadi berat, padahal udah dihitung tapi kok gak sesuai

    karena 3 alasan sederhana itu aja klo ane hehe..
    tapi ya tergantung selera sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas angga buat tambahan perbedaannya.. jadi pelengkap artikel saya :D..
      Yaa, semuanya tergantung pada selera masing-masing

      Hapus

Peraturan Berkomentar!
- Gunakanlah kata-kata yang baik, sopan dan santun.
- Komentar yang berbau SARA, Pornografi, Pelecehan dan Kekerasan dilarang keras.
- Dilarang Anonymous dan SPAM! Berkomentarlah yang berkualitas.

Template Designed and Created by Muhammad Syakirurohman | Syakirurahman